Cara Cek HP OPPO

Cara Cek HP OPPO Asli atau Palsu – Ada lelucon umum yang bisa kita ketahui, yaitu, popularitas suatu produk dapat dilihat jika produk tersebut memiliki tiruan.

Lelucon, yang sebenarnya adalah fakta dari fenomena yang muncul dari produk terkenal yang memiliki imitasi atau tiruan. Misalnya, sepatu seperti Nike atau Adidas, yang memiliki banyak versi KW. Bahkan KW memiliki levelnya sendiri.

Hal yang sama juga berlaku untuk produk teknologi, terutama smartphone. Sebelumnya, sebuah ponsel super-copy dari seri Samsung muncul. Xiaomi kemudian populer di kalangan masyarakat, dan karena popularitas ini, ada beberapa produk Xiaomi palsu yang beredar.

Tidak hanya Xiaomi yang memiliki produk KW atau palsu, ponsel OPPO juga memiliki banyak KW.

Wajar mengingat bahwa pemasaran OPPO cukup tinggi dan agresif, yang menjadikan HP OPPO begitu populer. Tak sedikit orang yang menginginkan produk smartphone dari OPPO ini.

Fakta ini dieksploitasi oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab yang menjual ponsel palsu dengan merek dagang OPPO dalam kemasan luar yang memiliki embel-embel OPPO.

Bahkan dengan desain yang mirip seri OPPO asli, sehingga konsumen yang membeli smartphone OPPO palsu tidak terlalu tahu dan menganggap bahwa produk tersebut adalah asli.

Kasing OPPO HP palsu dapat dibuat menggunakan printer 3D. Bagi kamu yang tidak tahu, industri printer kini telah mencapai titik teknologi printer 3D. Artinya, kita bisa mencetak barang atau produk dengan menggunakan teknologi printer 3D.

Oknum nakal ini dapat scanning (memindai) produk-produk OPPO HP asli, dan kemudian mengedit dan mencetak ulang menggunakan mekanisme printer 3D.

Karena penampilan ponsel OPPO palsu ini cenderung serupa dengan yang aslinya, maka cukup sulit untuk menentukan mana yang asli dan mana yang palsu.

Bagi kamu yang berniat membeli ponsel OPPO, sangat disarankan untuk lebih berhati-hati dalam memilih karena memang pada kenyataannya tak sedikit produk OPPO palsu yang beredar di pasaran

Karena keresahan hati ini, Berjuang mencoba membantu teman-teman dengan berbagi informasi tentang bagaimana cara cek HP OPPO palsu dan asli.

Hal ini bertujuan untuk mengantisipasi penipuan sekaligus menambah wawasan kita semua. Berikut ulasannya:

Cara Mengetahui HP OPPO Asli atau Palsu

1. Mengecek IMEI Secara Online

Mengecek IMEI Secara Online

Cara termudah untuk membedakan antara HP Oppo asli dan palsu adalah dengan memeriksa nomor IMEI di ponsel kamu.

Sekadar informasi, nomor IMEI adalah semacam “nomor identifikasi” untuk ponsel. Karena orang memiliki NIK (nomor induk kependudukan), setiap perangkat HP memiliki nomor IMEI, yang jelas berbeda satu sama lain.

Setiap ponsel resmi OPPO, tentu saja, memiliki nomor IMEI sendiri. Nomor IMEI ini telah dicatat dan dapat diverifikasi secara online.

Dengan demikian, ketika kamu menerima atau baru saja membeli HP OPPO, periksa nomor IMEI di situs Otentikasi Perangkat OPPO (Device Authentication OPPO). Masukkan nomor IMEI yang ada pada HP OPPO kamu.

Jika nomor IMEI terdaftar, tentu saja ponsel OPPO kamu adalah ponsel asli. Jika tidak, maka ponsel KW.

Membedakan antara OPPO asli dan palsu tentu lebih mudah, karena nomor IMEI biasanya sudah terdaftar di kotak ponsel atau dapat dengan mudah diakses menggunakan kode *#06#.

2. Mengecek dengan Kode Rahasia “Engineer Mode”

Kode Rahasia “Engineer Mode”

Cara membedakan antara OPPO asli dan palsu juga dapat diperiksa menggunakan kode rahasia “Engineer Mode”. Kode ini dapat diakses melalui *#800# dari ponsel OPPO kamu.

Kamu nantinya akan masuk ke “Engineer Mode” dengan beberapa opsi pengujian perangkat keras atau hardware. Kamu dapat melakukan pemeriksaan mulai dari hardware, koneksi, baterai, dll.

Contoh pengujian dapat dilakukan dengan melihat informasi dan menguji dari bagian yang dipilih. Contohnya, setelah memasuki “Engineer Mode”, kamumemilih baterai. Kemudian, informasi status baterai HP OPPO muncul.

Jika pemeriksaan mengungkapkan bahwa ada informasi tentang kerusakan pada baterai OPPO HP kamu, kamu mungkin telah membeli OPPO palsu.

Hal ini didasari dengan pembelian produk baru smartphone sudah pasti memiliki kualitas barang original dan baik jika dari perusahaan langsung. Kamu juga dapat melakukan tes serupa pada perangkat lainnya.

3. Spesifikasi HP OPPO

Spesifikasi HP OPPO

Cara lain untuk membedakan antara OPPO asli dan palsu adalah dengan mencocokkan spesifikasi HP OPPO yang kamu beli dengan spesifikasi di kotak penjualan.

Atau, agar lebih valid, kamu dapat memeriksa informasi spesifikasi di situs web OPPO resmi. Mungkin benar bahwa kamu membeli ponsel OPPO yang tidak mendukung jaringan 4G. Meski ponsel awalnya didukung 4G.

Misalnya, kamu membeli OPPO F5 Youth. Bentuk kemasan berisi informasi bahwa OPPO F5 Youth sudah mendukung 4G, memiliki 4 GB RAM (ada juga pilihan dengan 3 GB RAM) dan mendukung layar 6 inci dengan rasio aspek 18:9.

Dengan pembelian HP OPPO F5 Youth tersebut, kamu dapat memeriksa spesifikasi menggunakan CPU-Z atau aplikasi yang menyediakan informasi lain tentang spesifikasi. Dan ternyata ponsel kamu hanya memiliki 2 GB RAM, tidak mendukung 4G, dan layar masih menggunakan rasio 16:9.

Sebetulnya, kamu dapat melihat masalah layar ini melalui tampilan layarnya. Jika ini lebih panjang, tentu saja, ini adalah OPPO F5 Youth asli, karena rasio aspek layar 18:9.

4. Tingkat Kejernihan Layar

Menghubungkan dengan poin ke-3 pada kejernihan layar, ponsel OPPO asli memiliki tingkat kecerahan layar yang baik.

Pada saat yang sama, ponsel OPPO palsu memiliki kerapatan piksel rendah atau kecil. Alhasil, ketika memutar sebuah video, gambar di layar tampak lebih buram jika dibandingkan dengan HP OPPO asli.

Untuk mengujinya, kamu dapat memutar video menggunakan HP OPPO yang kamu beli. Jika ternyata layar tersebut memiliki tingkat kecerahan yang baik, maka kamu bisa yakin bahwa HP OPPO kamu adalah asli.

Jika terlihat buram dan layar tidak jernih, maka dapat dikatakan bahwa ponsel OPPO kamu palsu.

5. Kamera

Kamera juga merupakan faktor lain untuk mengautentikasi perangkat OPPO. Sebagai merek yang mengusung slogan “Camera Phone”, nilai jual OPPO selalu ada di kamera. Baik itu kamera depan atau kamera belakang, atau bisa juga keduanya.

Oleh sebab itu, kamu dapat memeriksa HP OPPO kamu dengan cara mengambil gambar atau merekam.

Lihatlah hasil foto, jika terlihat buram dan tidak sesuai dengan karakteristik kamera yang ditunjukkan dalam daftar sepsifikasi, dapat dipastikan bahwa ponsel OPPO kamu palsu.

Kamu juga dapat memeriksa foto EXIF ​​di galeri setelah kamu mengambil foto. Atau pindahkan ke komputer kamu dan periksa bagian properti foto. Di bagian ini, kamu akan melihat data exif yang jelas dari tangkapan ponsel kamu.

Selain itu, kamu juga dapat memeriksa posisi kamera. Contoh kasus dengan OPPO N3. Versi kloning, yang dikenal sebagai versi salinan super dari OPPO N3, tampaknya tidak dapat memutar kamera dengan gerakan layar sentuh, tetapi berputar secara manual.

Baca Juga Informasi Lainnya
Cara Cek HP XiaomiCara Cek IMEI iPhone
Cara Cek Tipe HP XiaomiCara Cek HP Samsung
Cara Cek HP Samsung J2 Prime

Sekian informasi tentang cara cek HP OPPO, semoga informasi yang Berjuang suguhkan dapat bermanfaat untuk teman-teman semua dan sampai jumpa di artikel berikutnya. Oh iya, sampai lupa, jika kamu memiliki keluhan lain tentang artikel ini, bisa langsung mengirimkan komentar di kolom komentar.

Leave a Comment