Cara Mengambil Uang di ATM BCA

Seperti yang diketahui bahwa menabung uang di BCA dapat memberikan beragam keuntungan, salah satunya adalah fasilitas kartu ATM. Kartu ATM bisa digunakan sebagai alat tarik tunai tanpa harus mengunjungi bank. Namun, tak semua orang mengetahui bagaimana cara mengambil uang di ATM BCA yang cepat dan praktis.

Cara menarik uang dari ATM BCA seperti ATM lainnya. Kita hanya perlu ke ATM BCA terdekat dan pilih denominasi tarik tunai. Tagihannya bisa berbeda. Ini biasanya kelipatan Rp50.000 dan kelipatan Rp100.000.

BCA sendiri merupakan singkatan dari Bank Central Asia, bank tersebut merupakan bank swasta terbesar di Indonesia. Bank BCA selalu berkomitmen untuk menjaga kepercayaan dan harapan nasabah serta pemangku kepentingan untuk mencapai pertumbuhan yang berkelanjutan.

Komitmen BCA menanamkan kepercayaan warga terhadap layanan yang diberikannya, sehingga banyak nasabah yang sudah terhubung. Hebatnya, Bank BCA memiliki jaringan antar cabang atau banyak cabang BCA, jaringan ATM yang luas dan jaringan elektronik lainnya di seluruh pelosok Indonesia.

Segala layanan yang diberikan oleh bank BCA senantiasa menyenangkan nasabahnya dalam berbisnis, salah satunya penarikan uang dari ATM. Bank BCA menyediakan layanan ATM agar nasabah tidak membuang waktu untuk operasi penarikan.

Cara Mengambil Uang di ATM BCA

Untuk Kamu pelanggan baru BCA, pasti wajib paham dan menguasai bimbingan cara mengambil uang di ATM BCA. Kami akan memberikan tutorialnya dengan utuh serta jelas, dan mudah dipahami.

Untuk membantu kamu menyelesaikan transaksi tarik tunai di ATM BCA, ikuti langkah-langkah berikut:

1. Kunjungi Gerai ATM BCA.

ATM BCA

Temukan dan kunjungi gerai ATM BCA terdekat di tempat kamu tinggal. Nasabah tidak perlu takut jika tidak menemukan gerai ATM BCA karena saat ini Bank BCA menyediakan gerai ATM BCA ke segala penjuru di Indonesia.

Biasanya, ATM Bank BCA terletak di sebelah kantor cabang perbankan BCA, minimarket Alfamart atau Indomart, ATM office atau Pom Bensin.

2. Masukkan Kartu ATM.

cara ambil uang di ATM BCA

Jika kamu sudah menemukan ATM BCA, masukkan kartu ATM BCA kamu ke dalam slot kartu ATM tersebut. Masukkan kartu ATM BCA dengan benar sesuai petunjuk pada gambar di dekat slot (Bagian kartu yang memiliki tulisan PASPOR BCA wajib menghadap atas dan untuk tulisan tersebut bisa kamu lihat pada bagian sebelah kanan).

Namun, jika kartu ATM BCA kamu tidak dapat masuk, kamu tidak boleh memaksanya, karena dapat merusak kartu ATM kamu. Untuk mengatasi masalah ini, kamu bisa segera mencari ATM lain.

3. Memilih Bahasa

kartu kredit ATM BCA

Pada langkah ketiga, kamu akan diminta untuk memilih bahasa yang akan dipergunakan. Monitor menampilkan 2 pilihan bahasa, yaitu Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia.

Pilih bahasa Indonesia untuk mempermudah proses transaksi kamu. Namun, jika kamu fasih berbahasa Inggris, maka kamu bisa menggunakan bahasa Inggris.

Untuk kamu yang belum tahu tentang cara mengambil uang di ATM Mandiri bisa langsung klik link ini ➠【Cara Mengambil Uang di ATM Mandiri

4. Masukkan PIN ATM.

Masukkan PIN ATM

Setelah memilih bahasa, masukkan 6 digit PIN ATM ke tombol panel kontrol. Masukkan pin ATM dengan benar dan usahakan agar tidak mengalami kesalahan ketika memasukkan memasukkan pin ATM. Karena ketika kamu mengalami kesalahan sebanyak 3 kali saat memasukkan PIN ATM, sistem perbankan BCA akan langsung memblokir kartu ATM secara otomatis.

5. Memasukkan Nominal yang Dibutuhkan

Memasukkan Nominal yang Dibutuhkan

Layar ATM akan menunjukkan kepada kamu bagian dari nominal yang dapat kamu pilih, misalnya Rp100.000, Rp200.000, Rp500.000, Rp1.000.000, Rp1.500.000, dan Rp2.000.000 (untuk pecahan dengan nominal Rp100.000 ), dan untuk bagian pecahan dengan nominal Rp50.000 seperti 250 000 dan seterusnya. Bagi kamu yang merasa bahwa nominal yang ditunjukkan layar sesuai dengan keinginan, maka kamu bisa langsung menekan tombol yang berada di sebelah nominal tersebut.

Namun, jika nominal yang ditampilkan di layar monitor tidak cocok, kamu bisa memilih menu “Transaksi Lainnya”  lalu “Penarikan tunai“. Jika sudah, disini kamu bisa menentukan berapa nominal yang akan ditarik sesuai keinginan melalui tombol pinpad dan tekan menu “Benar”.

Ingat selalu untuk mengambil uang sesuai dengan pecahan ATM. Untuk kamu yang ingin tahu tentang pecahan nominalnya bisa cek di atas mesin ATM yang berbentuk stiker.

6. Tunggu Uang Keluar

Tunggu Uang Keluar

Langkah ke-6 adalah menunggu proses dari pengeluaran uang melalui mesin ATM. Mesin ATM akan mengeluarkan sebuah bunyi yang khas yang menandakan bahwa uang kamu sedang diproses dan akan keluar melalui slot dispenser yang ada di bawah bagian pindad.

7. Mencetak Bukti Transaksi

Bank BCA

Jika uang telah berhasil dikeluarkan dari mesin ATM, maka akan muncul secara otomatis bukti transaksi berupa struk atau resi melalui slot. Namun, tak semua mesin ATM BCA bisa mengeluarkan sebuah resi transaksi.

Untuk mesin ATM BCA yang tak dapat mengeluarkan bukti transaksi, maka kamu dapat melihat sisa saldo dari rekening kamu melalui layar monitar ATM. Selain itu, ada juga mesin yang akan menampilkan sebuah pilihan seperti ini: “Apakah Ingin Mencetak Bukti Transaksi” untuk kamu yang ingin bukti transaksi bisa memilih “Ya” dan jika kamu tak membutuhkan bisa memilih menu “Tidak”.

8. Pertanyaan Konfirmasi Lainnya

Saldo BCA

Ketika kamu ingin mengakhiri proses transaksi, maka ada sebuah notifikasi pertanyaan tentang konfirmasi transaksi. Pertanyaan tersebut sebagai berikut: “Apakah Anda Ingin Melakukan Transaksi Lain?”.

Untuk kamu yang ingin mengakhiri proses transaksi, kamu dapat memilih menu “Tidak”, Namun jika kamu ingin melanjutkan proses transaksi, maka kamu bisa memilih menu “Ya”. Jika kamu memilih menu tidak, akan muncul sebuah informasi yang menunjukkan tentang saldo dari rekening kamu.

Baca juga: Cara Mengambil Uang di ATM

9. Ambil Kartu ATM pada Slot

Mengambil kartu ATM BCA

Langkah terakhir untuk cara mengambil uang di ATM BCA setelah kamu menekan tombol Tidak pada menu konfirmasi, maka secara otomatis kartu ATM kamu akan keluar melalui slot kartu. Jangan pernah meninggalkan ruangan mesin ATM selama kartu ATM belum kamu dapatkan kembali. Hal ini bertujuan untuk menghindari hal terburuk.


FAQ

❆ Bagaimana Jika Uang Tidak Keluar?
Jika uang dalam mesin ATM tak kunjung keluar, kamu tak perlu bingung dan khawatir. Hal ini biasa terjadi ketika uang dalam mesin ATM telah habis. Jika kamu mengalami hal ini, saldo dalam rekening kamu takkan terpotong.
❆ Gimana Jika Kartu ATM BCA Tak Mau Keluar / Tertelan?
Hal ini cukup sering terjadi pada mesin ATM yang rusak. Untuk mengatasi hal tersebut, Berjuang sangat menyarankan kepada kamu untuk langsung menghubungi Halo BCA dengan nomor call center 1500888. Kalau kamu merasa kurang puas kamu bisa langsung simak tentang “Cara Blokir ATM BCA Yang Tertelan“.
❆ Berapa Limit Tarik Tunai BCA?
Kartu BCA terbagi atas beberapa bagian, mulai dari kartu Blue, Gold, Platinium, dan juga Tapres. Namun limit yang diberikan untuk penarikan uang tunai hanyalah Rp10.000.000 saja perharinya. Limit ini akan tereset pada hari selanjutnya.
❆ Transaksi Gagal
Kamu dapat melakukan pengecekan jumlah saldo jika mengalami kegagalan dalam proses transaksi. Biasanya jumlah saldo tak cukup yang membuat proses penarikan uang tunai gagal.

Demikian informasi tentang bagaimana cara mengambil uang di ATM BCA. Jika menyimak dengan seksama dari informasi di atas, maka kamu bisa menyimpulkan bahwa cara mengambil uang di ATM BCA sangatlah cepat dan mudah.

Proses yang dilakukan tak jauh berbeda dengan ATM dari Bank lainnya. Akan tetapi, kamu harus memperhatikan limit dari tarik tunai BCA ya. Sebab penarikan perhari hanya sebanyak RP 10.000.000, sama halnya dengan maksimal penarikan ATM BRI.

Jika sudah sangat paham, silahkan kamu cari gerai ATM BCA terdekat. Jika kamu tka menemukan gerai ATM terdekat, maka kamu bisa melakukan penarikan melalui jaringan Prima atau Cirrus yang mana akan dikenai biaya transaksi sebesar Rp7.500 (Prima) dan untuk Cirrus sebesar Rp25.000.

Yakin Nih Gak Mau Komen?