Cara Cek HP Samsung
Tips & Trik

Inilah 6 Cara Cek HP Samsung Asli Atau Palsu yang Sangat Terjamin

Siapa diantara kita yang tidak kenal dengan vendor elektronik super besar asal Korea Selatan ini? Yap benar, Samsung namanya. Mempunyai banyak sekali ragam produk yang menggunakan basis Android. Di Indonesia sendiri, Samsung bisa dikatakan sebagai raksasa dan penguasa dari pasar ponsel pinter (smartphone) saat ini.

Ada begitu banyak orang yang percaya akan kualitas dan merek dari Samsung yang sangat teruji ini. Memiliki perangkat yang sangat kuat dan juga dukungan memiliki dukungan purna jual yang mana bisa kita temukan dimana-mana. Oleh sebab itu, tak heran jika semua produk Samsung selalu laris manis di pasaran Indonesia.

Akan tetapi, dengan hadirnya minat pembeli yang terus meningkat, tak bisa kita pungkiri bahwa ada barang palsu yang beredar diantara para penjual untuk mendapatkan keuntungan yang besar. Beberapa oknum penjual dengan sengaja menjual barang Super Copy atau yang biasa dikenal KW karena memang mempunyai pasar sendiri, namun tak sedikit dari para penjual nakal tersebut memanfaatkan ketidaktahuan dari para pembeli.

Agar kamu tidak mengalami penipuan saat membeli atau ingin sekedar memastikan bahwa barang yang kamu miliki asli, kamu bisa mencoba beberapa metode tentang cara cek HP Samsung asli atau palsu di sini.

Sebelum Membeli

1. Tampilan Luar

cek hp samsung asli atau palsu

Jika kamu mengamati dengan teliti, kamu bisa langsung membedakan antara HP Samsung asli dan palsu hanya dengan melihat barang tersebut dari boks ataupun bentuk dari ponsel tersebut. Boks asli yang dikeluarkan oleh pihak Samsung langsung memiliki bungkus plasti yang berlogo Samsung disekelilingnya dan HP yang asli sangatlah rapi terutama pada bagian tombol Home.

Jika dibandingkan dengan yang KW Super atau replika, rata-rata bentuk tombol yang dimiliki tidak sejajar dan boks hanyalah bungkus plastik tanpa ada logo.

2. Kelengkapan Aksesoris

Selain cek & ricek melalui tampilan luar, kamu juga dapat melakukan pengecekan pada HP Samsung asli atau palsu melalui isi yang ada dalam boks tersebut. Pada HP Samsung yang asli sudah pasti memiliki aksesoris yang sangat lengkap, mulai dari adapter, kabel, hingga earphone. Semua aksesoris yang disertakan sangatlah rapi dan bisa mencirikan dari kualitas produk tersebut.

Untuk kamu yang memiliki ponsel Xiaomi namun tak tahu jenis ponsel tersebut, kamu bisa membaca artikel tentang Cara Cek Tipe HP Xiaomi paling mudah hanya di Berjuang.

Setelah membeli

1. Cek IMEI

cek IMEI

Kamu sudah tahu belum apa itu IMEI? Kalau belum tahu, Berjuang.my.id akan memberitahu. IMEI merupakan singkatan dari International Mobile Equipment Identity yang tersusun dari 15 nomer unik sebagai identifikasi pada setiap perangkat yang ada di pasaran.

Untuk melakukan sebuah pengecekan pada IMEI, kamu harus memasukkan kode *#06# pada aplikasi telepon dan juga memastikan bahwa kode yang muncul sesuai dengan apa yang tertera pada boks pembelian ya. Berjuang sangat menyarankan untuk kamu yang melakukan pengecekan melalu kode diatas daripada melalui situs-situs cek IMEI, takutnya tidak akurat.

2. KIES

Samsung Asli Palsu

Untuk teman-teman yang mungkin sudah pernah menggunakan smartphone Samsung dengan model yang lainnya, sudah pasti tidak akan asing lagi dengan KIES (download di sini). Untuk kamu yang belum mengetahui apa itu KIES, akan Berjuang jelaskan. KIES adalah sebuah aplikasi pelengkap yang ada di komputer atau laptop agar ponsel pintar dapat terhubung dengan mudah.

Untuk memastikan bahwa produk yang kamu beli asli atau palsu, kamu bisa mengikuti cara cek HP Samsung ini kok. Caranya begini, kamu bisa menghubungkan HP-mu dengan komputer lalu jalankan aplikasi KIES. Apabila Samsung yang kamu miliki asli, maka secara otomatis seluruh informasi pabrikan dari perangkat ponselmu akan muncul secara langsung.

3. Cek Spesifikasi

Salah satu cara cek HP Samsung yang asli atau palsu yang tidak kalah akuratnya adalah dengan memanfaatkan aplikasi pihak ke-3. Kamu hanya perlu memanfaatkan aplikasi seperti Geekbench, AnTuTu, atau bisa juga CPU-Z yang berguna untuk menampilkan seluruh spesifikasi secara lengkap dan menyesuaikan dengan spesifikasi resmi pada website Samsung.

Produk palsu sudah pasti memiliki spesifikasi yang jauh lebih rendah daripada yang asli, disini kamu bisa membedakannya secara langsung.

4. Modus Uji Coba

Tahu enggak kamu bahwa smartphone yang menggunakan operating system Android mempunyai kode khusus yang bisa digunakan untuk proses diagnosa permasalahan yang terjadi pada perangkat smartphoen tersebut. Nah, kode ini dapat kamu manfaatkan untuk cara cek HP Samsung asli atau palsu dengan cara memasukkan kode *#*#4636#*#*, lalu pilih General Test Mode.

Pada langkah selanjutnya, kamu dapat melakukan pengujian pada perangkat, mulai dari kualitas layar, kamera, dan bahkan hingga getaran. Kalau semua tes sudah kamu lakukan, maka dapat dipastikan bahwa perangkat ponselmu asli.

Dari seluruh tes yang sudah disediakan di atas, kamu tak perlu melakukan semua tes yang ada. Cukup dengan melakukan cek pada kualitas HP, IMEI, dan juga menghubungkan aplikasi KIES yang mana ini sudah lebih dari cukup untuk memastikan bahwa ponselmu asli atau palsu.

Jika kamu merasa ragu dan takut untuk melakukan pembelian karena barang palsu, ada baiknya jika kamu langsung membeli smartphone pada gerai resmi Samsung atau melalui distributor besar yang memang sudah sangat terpercaya. Walau harga yang didapatkan sedikit lebih mahal, namun barang resmi akan jauh lebih baik dan aman jika terjadi kerusakan secara tiba-tiba.

Baca Juga Informasi Samsung Lainnya
Cara Cek IMEI SamsungCara Screenshot Samsung M10

Semoga informasi yang kami bagikan dapat membantu teman-teman semua dan sampai jumpa di artikel berikutnya ya.

You might also like

One Reply to Inilah 6 Cara Cek HP Samsung Asli Atau Palsu yang Sangat Terjamin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *