Cara Mengambil Uang di ATM

Dapat dikatakan bahwa aktivitas menabung di bank menjadi salah satu cara terbaik dalam menyimpan uang. Alasan utama karena penyimpanan uang di bank jauh lebih aman jika kita bandingkan dengan menyimpan uang di rumah, celengan, atau bahkan di bawah kasur.

Tak hanya disitu saja, dana nasabah yang tersimpan di bank telah dijamin oleh LPS atau Lembaga Penjamin Simpanan. Semisal, hal terburuk terjadi seperti bank mengalami kebangkrutan, uang kamu akan diganti oleh pihak LPS.

Bank juga memberikan tambahan bunga serta undian berhadiah yang membuat aktivitas menabung di bank menjadi lebih menarik. Nasabah juga diberikan kewenangan untuk menarik uang mereka kapan saja, baik melalui buku tabungan ataupun kartu ATM.

Tapi kebanyakan orang lebih memilih menarik uang menggunakan kartu ATM karena sangat mudah dilakukan, kapanpun, dan juga dimanapun selama ada tempat penarikan uang atau ATM terdekat. Lantas bagaimana cara mengambil uang di ATM untuk pemula? Simak yuk informasi lengkapnya di bawah ini.


Temukan Mesin ATM

Hal pertama yang memang harus kamu lakukan adalah mencari mesin ATM. Setelah itu sesuaikan ATM dengan bank tempat kamu menabung. Contohnya seperti ini, jika kamu menabung di Bank BNI, maka kamu wajib mencari mesin ATM BNI atau ATM bersama.

Tapi, kamu juga harus paham tentang bank kamu masuk dalam jaringan ATM bersama yang bagian mana. Berikut rangkuman tentang jaringan ATM bersama yang ada di Indonesia.

  • ATM Link terbagi atas BNI, Mandiri, BTN, BRI, CIMB Niaga, dan juga Danamon.
  • ATM Prima terbagi atas BNI, Mandiri, CIMB Niaga, BCA dan juga BRI.
  • ATM Alto terbagi atas Maybank, Danamon, Permata Bank, Citibank, dan juga BTN.

Catatan: Pada dasarnya kamu bisa melakukan penarikan uang pada mesin ATM bank manapun. Tetapi kamu akan dikenakan biaya admin dengan nominal sebesar Rp6.500.


Lakukan Transaksi dengan Kartu Debit

Jika kamu telah menemukan tempat mesin ATM yang pas, maka pastikan bahwa kamu membawa kartu debit alias kartu ATM ya. Tak hanya disitu saja, kamu juga harus menentukan nominal uang yang ingin kamu tarik. Rp50.000 atau Rp100.000? Bahkan untuk ATM BNI terdapat pecahan nominal sebesar Rp20.000 yang dapat kamu tarik. Berikut ini langkah-langkah yang harus dilakukan untuk menarik uang tunai di mesin ATM.

  1. Hal yang pertama kamu lakukan adalah memasukkan kartu ATM kamu ke mesin ATM.
  2. Kamu harus memastikan bahwa kartu kamu tak terbalik. Caranya sangat mudah, kamu hanya perlu melihat awalan nomor pada kartu ATM yang menghadap ke atas karena itu adalah bagian yang harus dimasukkan terlebih dahulu.
  3. Setelah itu kamu bisa memilih bahasa yang digunakan, baik Inggris ataupun Indonesia.
  4. Kemudian masukkan nomor PIN ATM kamu.
  5. Pilih jumlah nominal yang akan kamu tarik. Layar akan langsung menunjukkan nominal-nominal yang dapat kamu tarik langsung.
  6. Jika nominal yang ditunjukkan layar tak sesuai dengan keinginan kamu, kamu bisa memilih menu Transaksi Lain > Penarikan > Jumlah Lain.
  7. Setelah itu masukkan nominal yang akan ditarik.
  8. Pilih cetak receipt apabila kamu ingin mendapatkan bukti transaksi atau struk.
  9. Uang akan secara otomatis keluar dari mesin ATM.
  10. Kamu bisa ambil uangnya.
  11. Setelah itu tekan Cancel pada keyboard mesin ATM ya.
  12. Kartu akan keluar dan kamu bisa mengambil kartu tersebut.

Ambil Uang di ATM Bisa Tanpa Kartu?

Dengan era kemajuan pada sisi teknologi dapat mempermudah setiap fungsi dari sistem perbankan. Salah satu contoh yang bisa kamu ambil sisi manfaatnya adalah seperti mengambil uang di ATM BCA, BRI, Mandiri, BNI tanpa harus menggunakan kartu debit.

Di tahun 2019 awal, cara ini memang telah banyak dikembangkan oleh pihak Bank untuk memberikan kemudahan pada setiap transaksi nasabah, khususnya pada mereka yang lupa, ketinggalan, atau bahkan kehilangan kartu ATM.

Penasaran seperti apa cara ambil uang di mesin ATM tanpa menggunakan kartu debit? Cara ini sangat aman dan direkomendasikan langsung oleh pihak bank karena mengandalkan sistem teknologi mobile banking dari masing-masng pihak bank yang nantinya akan mengirimkan Kode Tarik Tunai yang mana akan kamu masukkan ke mesin ATM bank sebagai kata kunci atau sandi untuk pengambilan uang secara tunai tanpa harus melalui kartu kredit.

Cara Mengambil Uang di ATM BCA Tanpa Kartu

Hal yang wajib kamu lakukan adalah instal aplikasi BCA Mobile dan lakukan aktivtasi sehingga akun BCA Mobile kamu telah terdaftar.

Untuk proses penarikan uang di ATM BCA tanpa kartu debit bisa kamu baca melalui laman berikut ini.

➠➠➠ Cara mengambil uang di ATM BCA tanpa kartu

Cara Mengambil Uang di ATM BRI Tanpa Kartu

Hal yang harus kamu lakukan adalah download dan instal aplikasi mobile banking BRI atau BRImo dan lakukan aktivasi agar akun kamu aktif terdaftar di BRImo.

Untuk proses penarikan uang di ATM BRI tanpa kartu debit bisa kamu baca melalui laman berikut ini.

➠➠➠ Cara mengambil uang di ATM BRI tanpa kartu

Cara Mengambil Uang di ATM BNI Tanpa Kartu

Hal wajib untuk dilakukan adalah instal aplikasi BNI Mobile Banking dan lakukan registrasi dan aktifkan akunnya agar terdaftar.

Untuk proses penarikan uang di ATM BNI tanpa kartu debit bisa kamu baca melalui laman berikut ini.

➠➠➠ Cara mengambil uang di ATM BNI tanpa kartu

Cara Mengambil Uang di ATM Mandiri Tanpa Kartu

Untuk Bank Mandiri caranya cukup unik. Hal yang wajib kamu lakukan adalah instal aplikasi LinkAja. Setelah itu transfer jumlah uang yang akan kamu ambil di ATM Mandiri ke akun LinkAja kamu.

Lakukan aktivitas transfer dari mobile banking Mandiri. Jika saldo telah masuk ke dalam akun LinkAja, maka kamu bisa mengambil uang tersebut di ATM Mandiri tanpa bantuan kartu debit.

Untuk proses penarikan uang di ATM Mandiri tanpa kartu debit bisa kamu baca melalui laman berikut ini.

➠➠➠ Cara mengambil uang di ATM Mandiri tanpa kartu


Jangan Pernah Meninggalkan Mesin ATM jika Transaksi Belum Selesai.

Ini sebagai catatan penting untuk kamu dan wajib diperhatikan selama proses transaksi. Jangan sampai kamu meninggalkan mesin ATM setelah mengambil uang, karena kartu ATM akan tertinggal atau cetak struk belum kamu ambil.

Kasus ini cukup sering terjadi di kalangan masyarakat. Hal ini sangat tidak baik dan tidak aman karena ATM kamu bisa disalahgunakan oleh orang yang kurang bertanggung jawab.

Sangat beruntung jika tidak ada orang mengantri di mesin ATM, kartu kamu akan tertelan oleh mesin. Namun tetap saja akan menjadi hal yang merepotkan karena kamu harus mengurusnya langsung ke bank.

Oleh sebab itu, Berjuang mencoba mengingatkan kepada kamu untuk lebih berhati-hati ketika mengambil uang di ATM.

Leave a Comment