Cara Cek HP Xiaomi

Jika kamu ingin membeli ponsel Xiaomi asli dan tidak ingin tertipu oleh produk palsu, kamu harus memeriksa keaslian ponsel Xiaomi. Berikut beberapa metode tentang bagaimana cara cek hp xiaomi kamu:

Cara Cek HP Xiaomi

Melalui Nomor IMEI

Cara Cek Xiaomi

Nomor IMEI adalah kode kombinasi standar untuk setiap produk HP Xiaomi. Kita dapat mengatakan bahwa nomor IMEI adalah nomor seri produk, sehingga setiap ponsel Xiaomi memiliki nomornya sendiri.

Untuk memeriksa nomor IMEI di ponsel Xiaomi kamu, kamu bisa membaca artikel tentang cara cek IMEI Android yang sudah kami bahas sebelumnya..

Melalui QR Core Mi Verification

QR Core Mi Verification

Selain IMEI, ada juga cara mudah untuk memverifikasi keaslian ponsel Xiaomi kamu melalui QR Core Mi Verification, caranya:

  1. Hal pertama adalah membuka situs https://jd.mi.com/, kamu akan diminta untuk memindai kode batang atau bar code melalui aplikasi Mi Verification.
  2. Langkah kedua adalah mengunduh aplikasi Mi Verification dan menginstalnya di ponsel Xiaomi kamu.
  3. Pindai kode QR ponsel Xiaomi kamu di kotak pembelian.
  4. Kemudian, aplikasi Mi Verification akan memeriksa ponsel Xiaomi kamu dan menampilkan hasil tes di layar.

Melalui MI Product Verification

MI Product Verification

Adapun Mi Product Verification yang dapat dimanfaatkan untuk melakukan verifikasi tentang ponsel Xiaomi kamu asli atau tidak. Di bawah ini adalah beberapa langkah-langkahnya:

  1. Kunjungi url link berikut ini teman-teman: http://www.mi.com/verify/#imei_en
  2. Masukkan nomor IMEI ponsel Xiaomi kamu.
  3. Jangan lupa juga untuk memasukkan kode keamanan.
  4. Maka akan muncul sebuah informasi bahwa ponsel Xiaomi kamu asli atau palsu

Cara Cek HP Xiaomi Rusak atau Tidak

Adapun beberapa metode lagi yang dapat dicoba untuk cara cek HP Xiaomi apakah masih dapat berfungsi dengan baik fitur di dalamnya. Berikut apa saja yang wajib kamu periksa.

Cek Tampilan Fisiknya

Sebelum kamu membeli varian produk dari Xiaomi, cara pertama yang harus kamu lakukan adalah mengecek apakah kondisi ponsel tersebut rusak atau tidak, salah satunya dengan mengamati tampilan fisik produk tersebut.

Berikut ini beberapa komponen yang bisa kamu lakukan pengecekan.

  1. LCD: Layar HP adalah komponen utama smartphone. Periksa layar apakah masih berfungsi dengan baik atau tidak. Ini dapat dilihat dalam bentuknya yang biasa, terlepas dari apakah layar sentuh masih bisa atau tidak, dan pastikan bahwa layar tidak tergores atau cacat.
  2. Kamera: Komponen kedua yang bisa dilihat dalam bentuk biasanya adalah kamera. Pastikan kamera pada ponsel Xiaomi tidak memiliki lecet, terutama pada lensa. Juga periksa kemampuan untuk mengambil gambar dan video,
  3. Bentuk body: Periksa juga body ponsel, apakah ada bagian yang hilang atau rusak. Pastikankamu memeriksa dengan cermat.

Cek Kode Rahasia Xiaomi

Tak hanya melakukan pemeriksaan terhadap bentuk body ponsel, kamu juga dapat menggunakan beberapa kode rahasia berikut ini untuk melakukan cek fungsi dari komponen ponsel. Caranya berikut ini:

  1. Kamu harus menuju menu Dial Pad yang ada pada Xiaomi.
  2. Setelah itu ketik kode berikut: *#*#64663#*#*, lalu Xiaomi akan merespon ke menu rahasia.
  3. Kemudian akan muncul sebuah layar opsi dan pilih untuk melakukan cek fungsi komponen Xiaomi.

Beberapa opsi pemeriksaan antara lain adalah Keypad (berfungsi mengecek tombol pada smartphone), Backlight (untuk cek latar cahaya pada layar, LCD (untuk cek touchscreen dan fungsi warna di layar), Battery (untuk mengecek kualitas baterai) dan sebagainya.

Cek Kondisi Jaringan

Hal ketiga yang bisa kamu lakukan adalah melakukan cek jaringan pada smartphone Xiaomi. Sebetulnya, kode rahasia di atas sudah dapat digunakan untuk melakukan pemeriksaan jaringan, namun akan lebih lengkap jika kamu bisa langsung melakukan cek secara manual dengan memperhatikan beberapa hal ini:

  1. WiFi: Dapat kita katakan bahwa jaringan WiFi tak kalah penting dalam proses pengecekan ini. Kamu dapat menyambungkan perangkat dengan jaringan WiFi yang ada pada tempat umum sebagai alat ukur untuk mengetahui apakah ada kerusakan atau tidak pada jaringan WiFi ponsel kamu.
  2. Kartu SIM: Pastikan bahwa fungsi dari kartu SIM yang ada pada ponsel kamu masih bisa terbaca. Setelah itu lakukan pengaturan sendiri pada kartu SIM tersebut, contohnya digunakan iu untuk fungsi telepon ataupun internet.
  3. Sinyal: Dapat dikatakan masih berkaitan erat dengan dua di atas, pastikan bahwa kamu mendapatkan sinyal yang baik ketika melakukan fungsi internet ataupun telepon. Jangan sampai ponsel pintar Xiaomi kamu justru mengalami kerusakan yang mana tak dapat mendeteksi sebuah sinyal.
Baca Juga Informasi Xiaomi Lainnya
Cara Cek Tipe HP Xiaomi
Cara Screenshot Xiaomi

Sekian beberapa rangkuman tentang bagaimana cara cek HP Xiaomi yang bisa kamu terapkan ketika ingin membeli ponsel Xiaomi bekas atau second. Semoga informasi ini dapat membantu teman-teman dan sampai jumpa.

Yakin Nih Gak Mau Komen?