Cara Cek IMEI iPhone

Kali ini Berjuang akan membahas tentang cara cek IMEI iPhone untuk mengetahui keaslian dari smartphone Apple kamu.

Tapi sebelum itu, pernahkah kamu mendengar sebuah istilah IMEI? IMEI merupakan serangkaian nomor yang biasanya ada pada boks gadget, tak terkecuali pada produk iPhone dan perangkat Apple yang lainnya.

Namun, ada sebagian besar menganggap bahwa angka-angka tersebut hanya kumpulan nomor baisa yang memang biasa ada dan tak ada penjelasan tentang fungsi dari angka-angka tersebut.

IMEI memiliki arti International Mobile Equipment Identity, nomor unik yang berguna untuk identifikasi. Maksudnya adalah angka-angka tersebut merupakan kode produksi yang menjadi pembeda antara satu dengan yang lain.

Apakah kamu masih merasa kebingungan dengan apa itu IMEI dan seperti apa fungsi tepatnya? Berikut akan Berjuang.my.id jelaskan secara lengkap tentang IMEI dan bagaimana cara cek IMEI iPhone yang mudah dan cepat agar bisa mengetahui keaslian dari perangkat iPhone yang kamu miliki.

Pastinya, kamu sudah enggak sabar ingin membacanyakan? Yuk simak informasi lengkapnya di bawah ini.

Apa fungsi dari IMEI?

Cek IMEI iPhone

IMEI adalah rangkaian angka yang terdiri dari 14 hingga 16 digit. Biasanya, nomor-nomor tersebut diperlukan ketika kita ingin memperbaiki perangkat ponsel yang rusak. Tak hanya itu saja, IMEI juga memiliki manfaat untuk melacak iPhone kita yang hilang atau dicuri.

Kamu dapat membuat laporan ke iPhone center agar pihak iPhone memblokir dan tak dapat digunakan oleh penemu atau pencurinya. Apabila kamu belum tahu tentang nomor IMEI pada ponsel kamu, kamu dapat mencoba cara berikut ini!

1. Cek IMEI iPhone di boks perangkat

cara cek iPhone asli

Jika kamu masih ingat dimana kamu meletakkan boks dari perangkat iPhone-mu, kamu dapat mengambil boks tersebut dan memeriksa pada bagian belakangnya. Disitu akan terlihat beragam macam nomor. Ada nomor SN, SKU, dan pastinya IMEI. Nah, kamu harusnya sudah tahu mana yang harus dicatat.

Lantas bagaimana jika ada 2 nomor IMEI yang berbeda? Sebagian perangkat mempunyai 2 kode IMEI, biasa disebut dengan IMEI1 dan IMEI2. Hal ini menunjukkan bahwa perangkat ponselmu memiliki 2 slot SIM card. Umumnya ini terjadi pada ponsel pintar yang menggunakan basis operating system Android.

2. Cek melalui sistem di pengaturan

cara cek IMEI iPhone yang terkunci

Jika kamu tak menemukan boks dari perangkat iPhone kamu, kamu juga bisa melakukan pengecekan nomor IMEI melalui menu pengaturan.

Caranya sangat mudah, kamu hanya perlu pergi ke Setting -> General -> About. Disitu akan ada terdapat rangkuman informasi tentang spesifikasi ponsel kamu secara lengkap, termasuk IMEI.

3. Cek di bagian belakang iPhone

Cara cek Iphone rekondisi

Apabila kamu memiliki produk iPhone dengan tipe 5/5c/5s/6/6+, maka kamu bisa melihat serial IMEI pada bagian belakang ponsel. kumpulan angka-angka tersebut ada di bagian bawah dekat dengan tulisan iPhone, praktiskan?

4. Cek di slot SIM card

cek IMEI iPhone terbaru

Tak hanya ada di bagian belakang ponsel, kamu juga dapat menemukan IMEI pada bagian dalam slot untuk wadah SIM Card.

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah mengeluarkan wadah SIM tersebut dari perangkat ponselmu. Pada bagian atas, kamu akan melihat rangkaian nomor IMEI/MEID. Namun, kode ini ada hanya untuk beberapa perangkat saja.

5. Cek melalui kode dial

Cek IMEI melalui kode dial

Metode yang satu ini dapat dilakukan pada semua jenis perangkat ponsel pintar, tak terkecuali iPhone. Caranya sangat mudah, kamu hanya perlu masuk ke menu telpon, dan ketik kode dial *#06#. Secara jelas, perangkat akan menampilkan sebuah informasi tentang kode IMEI untuk perangkat ponsel kamu.

Itulah ulasan tentang bagaimana cara cek IMEI iPhone yang cepat dan mudah. Oh iya, sedikit informasi buat kamu, kode IMEI tak akan pernah berubah meski kamu mengganti nomor kontakmu.

Catatan juga, ada baiknya jika mencatat kode IMEI lakukan di tempat yang aman. Jangan pernah kamu mencatat kode IMEI pada perangkat ponselmu, karena itu tidak akan berguna jika perangkatmu tercuri.

Leave a Comment