Temukan Perangkat Saya [Find My Device]

Temukan Perangkat Saya – Terkadang nasib tidak ada yang tahu. Kadang kita beruntung, kadang juga kita bisa buntung. Apalagi ketika smartphone hilang! Alamak, semua data dan aktivitas pada smartphone menjadi kunci penting dalam beragam hal, termasuk tentang data pekerjaan.

Karena manusia saat ini memang ketergantungan atas teknologi, membuat seolah benda tersebut bisa dibilang adalah hal yang sangat penting bagi setiap individu.

Tak menutup kemungkinan bahwa di masa mendatang, akan ada sebuah puisi yang bertuliskan Smartphone adalah belahan jiwa, bukan lagi tentang kata romantis yang ditujukan untuk pasangan ketika terlibat asmara hihi.

Tapi, Google ternyata telah menyuguhkan sebuah fitur yang mungkin masih jarang dipergunakan. Ya iyalah, orang fitur tersebut akan digunakan ketika berhubungan dengan nasib sialmu.

Apa sih fitur tersebut? Tentu saja fitur tersebut adalah Find My Device (Temukan Perangkat Saya).

Aplikasi ciptaan Google ini bisa diunduh melalui Google PlayStore, meski sebenarnya fitur ini sudah ada pada setiap perangkat Android secara default, cuma membutuhkan akun Gmail yang terkoneksi dengan nomor telepon dan smartphone kamu, maka secara otomatis, fitur ini sudah bisa kamu gunakan.

Find My Device


Kegunaan Temukan Perangkat Saya [Find My Device]

Pada dasarnya, fitur ini dapat dikatakan sangat berguna sbeagai alat penanganan pertama ketika smartphone hilang, ketinggalan, terselip, atau bahkan terbawa orang lain ketika berjalan keluar kota atau dicuri oleh orang lain, kayak jodohmu yang dibawa orang hihi.

Baca juga: Cara Cek IMEI iPhone

Cara Menggunakan?

Ketika kamu telah berhasil melakukan setting pada smartphone kamu, sudah pasti secara otomatis data diri kamu akan tersimpan dalam Gmail Backup (Gmail utama untuk Google Playsotre).

Tak mungkin Gmail utama kamu berisi data diri orang lain kan? Kecuali jika kamu tengah dalam keadaan keblinger ataupun gaptek xixi.

Apa yang dapat dilakukan ketika kamu berhasil mengaktifkan fitur ini? Berikut langkah-langkahnya.

1. Bukalah Find My Device pada PC/Laptop atau Smartphone lain

Sudah pasti, untuk bisa menikmati fitur dari produk Google yang satu ini, kamu harus mengisi data diri kamu. Dengan Login, kamu secara langsung telah memberitahu Google bahwa kamu tengah membutuhkan bantuannya untuk menemukan ponsel kamu.

2. Masukan Gmail dan Nomor Telepon

Kamu hanya perlu menggunakan Gmail dan Nomor Telepon, maka Google sudah tahu tentang lokas dimana HP kamu berada, asalkan ini merupakan Gmail dan nomor telepon yang benar-benar tertanam pada HP yang hilang ya.

3. Memanfaatkan pesan atau menderingkan Telepon

Kegunaan Temukan Perangkat Saya

Untuk metode ke-3 ini, kamu dapat meningkalkan sebuah pesan pada smartphone kamu, contoh: “Kembalikkan HP saya dong bos, Video joget saya belom dihapus, saya mohon demi kelangsungan hidup saya (penggemar tiktok)”, atau kamu juga dapat menderingkan ponsel kamu seperti suara alarm, opsi yang satu ini dapat dikatakan sangat keras sih, seolah bahwa kamu memberi tanda bahwa ponsel kamu sedang dicuri orang lain.

4. Tracking Lokasi HPmu

Tracking Lokasi HPmu

Saat kamu mengaktifkan fitur tracking, maka secara garis besar kamu langsung dapat melihat lokasi smartphone kamu saat itu berada.

Contoh yang pernah mimin alami sendiri, ketika hp mimin hilang, mimin langsung mengaktifkan fitur ini dan menemukan ponsel tersebut berada di luar kota. Sungguh tega, doi meninggalkan mimin sebagai belahan jiwa yang lagi sayang-sayangnya hihih.


Bagaimana Jika SIM Card dicabut?

Tenang saja, selama Gmail masih dalam keadaan belum Logout, semua masih bisa kita trackin kok.

Bagaimana Jika Tidak Ada Akses Internet?

Selama Gmail masih ada, kamu tak perlu membutuhkan akses internet untuk dapat tracking.

Pokoknya, selama ponsel kamu masih aktif, biarpun SIM Card baru, selam itu menyala dan Gmail kamu terhubung di dalamnya, Google akan tetap bisa menunjukkan lokasi ponsel kamu berada, jadi gak perlu kamu khawatir.

Hal Terpenting

Dapat Berjuang.my.id simpulkan bahwa Gmail merupakan faktor penting dalam penggunaan fitur ini, jadi usahakan untuk untuk sel alu memproteksi ponsel kamu dengan Sidik Jari (jika fitur ini ada pada ponsel kamu) atau beri Password dan Pattern Lock Screen yang sesuai, agar si Maling tak dapat dengan mudah membobol Gmailmu.

Baca Juga Informasi Samsung Lainnya
Cara Cek IMEI VivoCara Cek HP Vivo

Semoga informasi yang Berjuang bagikan dapat bermanfaat untuk teman-teman dan sampai jumpa di artikel berikutnya.

Leave a Comment