Cara Cek HP Vivo

Cara Cek HP Vivo – Vivo adalah salah satu dari perusahaan teknologi terbesar di dunia yang sangat populer di Indonesia.

Dengan beragam keunggulan dan juga harga yang cukup terjangkau, membuat Vivo menjadi salah satu vendor smartphone yang sangat digemari oleh masyarakat Indonesia.

Saat ini, ada beragam macam model yang beredar di pasaran mulai dari entry-level hingga high-level.

Sebagai salah satu brand yang sangat laris dan terkenal, produk dari Vivo tak dapat dihindari sebagai salah satu sasaran empuk bari para oknum pemalsuan produk.

Apabila kamu ingin membeli salah satu produk Vivo, kamu dapat mencoba melakukan beberapa langkah-langkah berikut ini untuk mengetahui apakah smartphone Vivo yang ingin kamu beli itu palsu atau asli.

1. Cek Nomor IMEI

Seperti yang telah diumumkan oleh Vivo melalui halamannya, nomor IMEI pada perangkat dari setiap produk digunakan oleh jaringan GSM untuk melakukan identifikasi perangkat valid.

Nomor tersebut berisikan tentang informasi penting mengenai produsen perangkat, model, merek, dan juga spesifikasi dari perangkat.

Untuk memastikan bahwa Vivo kamu itu asli atau palsu, kamu dapat melakukan pengecekan terlebih dahulu menggunakan nomor IMEI tersebut.

Sebelumnya kamu harus mengetahui nomor IMEI smartphone Vivo kamu dengan cara menekan *#06#, adapun metode lain dengan melalui menu Pengaturan ->Pengaturan Lain->Tentang Ponsel, atau kamu juga bisa melihat nomor IMEI melalui box kemasan dari ponsel kamu.

Setelah kamu mendapatkan nomor IMEI, kamu bisa langsung menuju ke situs resmi Vivo di sini.

Kemudian masukkan nomor IMEI kamu pada kotak yang tersedia dan tekan tombol kirim. Apabila unit Vivo yang kamu miliki asli, maka akan muncul sebuah notifikasi yang menyatakan bahwa ponsel kamu adalah perangkat valid.

Lantas bagaimana jika smartphone Vivo yang kamu miliki palsu atau tidak terdaftar? Maka kamu dapat mencoba menghubungi perusahaan melalui kontak yang sudah ada atau bisa juga via akun media sosial resmi mereka.

Meski ada kemungkinan bahwa garansi resmi atau layanan purna jual tak berlaku, akan tetapi smartphone Vivo palsu kamu dapat mengancam keselamatan karena smartphone tersebut tidak melalui proses uji keselamatan (lab and factory tests) terlebih dahulu.

2. Cek Harga

Metode kedua untuk mengetahui bahwa smartphone kamu asli atau palsu juga dapat dilakukan dengan cara mengecek harga jual dari produk yang ingin kamu beli.

Harga dari ponsel palsu sudah pasti jauh lebih murah jika dibandingkan dengan produk asli. Jadi kamu harus waspada jika ingin membeli sebuah smartphone dari merek Vivo yang memiliki harga sangat miring atau harga yang tak wajar.

Untuk menghindari hal buruk tersebut, ada baiknya jika kamu membeli smartphone langsung dari gerai resmi mereka. Atau dari toko-toko ponsel yang memang sudah sangat terpercaya.

3. Cek Fisik HP

Ponsel yang berasal dari perusahaan-perusahaan terkenal sudah pasti memiliki bahan material yang sangat berkualitas.

Situs resmi biasanya akan menampilkan spesifikasi lengkap dari produk tersebut agar para konsumen dapat mengetahui hal tersebut. Selain itu, kamu juga dapat melakukan perbandingan dengan HP Vivo yang tengah kamu gunakan.

Contoh mudahnya seperti ini, jika dalam laman resmi Vivo menyatakan bahwa smartphone jenis kamu memiliki bahan material yang terbuat dari kaca, dan ponsel yang kamu miliki ternyata terbuat dari bahan plastik. Besar kemungkinan bahwa perangkat yang kamu miliki adalah palsu.

Untuk segi penampilan juga dapat kamu tandai sebagai salah satu aspek dari cara cek HP Vivo palsu atau asli.

Umumnya, produk smartphone asli tidak memiliki warna kusam pada produknya, setelah itu berat juga smartphone juga dapat digunakan sebagai petunjuk apakah asli atau palsu.

Selain itu kamu juga dapat melakukan pengecekan tombol fisik yang ada pada smartphone Vivo.

Apabila kamu merasa bahwa ada yang tidak beres pada tombol fisik tersebut, ada baiknya kamu mengurungkan untuk membeli produk tersebut. Hal itu bisa menjadi tanda bahwa produk tersebut palsu.

4. Cek Layar HP

Contohnya jika kamu membeli ponsel Vivo yang mempunyai kerapatan pixel hingga angka 400 ppi atau bahkan lebih.

Dengan begitu, kamu akan mendapati sebuah smartphone yang memiliki layar sangat jernih. Gambar yang ditampilkan juga sangat tajam dan bersih.

Namun, jika kamu tak mendapatkan kualitas gambar dari layar ponsel Vivo yang sesuai dengan spesifikasinya dan bahkan terlihat lebih buram dan tidak tajam, maka kamu patut curiga bahwa produk tersebut adalah produk palsu.

Apabila kamu masih awam tentang hal ini, cobalah untuk meminta bantuan dari orang lain yang memang berpengalaman dalam hal ini.

5. Cek Kelengkapan Paket Penjualan

Kamu perlu tahu bahwa dalam paket penjualan, umumnya akan disebutkan secara mendetail pada situs resmi perusahaan.

Mengenai hal ini, kamu dapat melakukan sebuah komparasi atau perbandingan atas kelengkapan dari paket penjualan produk Vivo yang kamu dapatkan tersebut.

Apabila kamu menemukan ada beberapa dari paket penjualan kurang atau tidak ada, maka kamu wajib waspada pada barang tersebut.

Untuk mengatasi masalah ini, ada baiknya jika kamu langsung membeli pada gerai resmi Vivo untuk menghindari hal-hal yang tak diingini.

Baca Juga Informasi Lainnya
Cara Cek HP XiaomiCara Cek HP OPPO
Cara Cek Tipe HP XiaomiCara Cek IMEI Vivo

Semoga rangkuman tentang bagaimana cara cek HP Vivo asli atau palsu di atas dapat bermanfaat untuk teman-teman semua. Apabila ada pertanyaan dari teman-teman, jangan sungkan untuk langsung menulisnya di kolom komentar ya.

Leave a Comment