Cara Cek IMEI Vivo
Gadget, Tips & Trik

Cara Cek IMEI Vivo

Cara Cek IMEI Vivo – Baru-baru ini pemerintah sudah mengesahkan sebuah peraturan untuk melakukan pemblokiran IMEI pada smartphone ilegal.

Aturan ini sudah berlaku untuk semua jenis smartphone, tak terkecuali bagi merek Vivo.

Peraturan ini sudah ditetapkan pada bulan April 2020 lalu, jadi setelah itu semua ponsel pintar yang masuk dalam ketegori ilegal tak mungkin dapat menggunakan layanan seluler dari operator Tanah Air.

Untuk kamu yang memang masih menggunakan smartphone ilegal atau biasa dikenal black market, maka kamu tak perlu khawatir.

Pasalnya, pemerintah sudah menyiapkan sebuah skema pendaftaran IMEI untuk ponsel black market agar tetap dapat terdaftar dalam situs cek IMEI Kementerian Perindustrian (Kemenperin).

Memang dapat dikatakan bahwa cara termudah yang bisa kita lakukan untuk mengetahui ilegal atau tidaknya smartphone adalah dengan melakukan pengecekan melalui situs Kemenperin menggunakan nomor IMEI.

Namun, sebelum kita melakukan pengecekan, kita harus terlebih dahulu mengetahui nomor IMEI dari smartphone kita.

Sebenarnya cara cek IMEI Vivo sangatlah praktis dan mudah. Kamu tak perlu melakukan download untuk aplikasi agar bisa mengetahui nomor IMEI pada ponselmu.

Ada beberapa cara yang bisa kamu gunakan. Nah, berikut ini cara mengentahui nomor IMEI pada smartphone Vivo yang bisa kamu gunakan.

Tutorial Cara Cek IMEI Vivo

1. Kode Cek IMEI Vivo

Cara cek IMEI Vivo pertama yang akan kita gunakan adalah dengan memanfaatkan kode cek IMEI.

Cara ini dapat digunakan untuk semua jenis smartphone terutama yang berbasis Android ataupun iOS.

Mengingat yang akan kita cek adalah merek Vivo, maka sangat wajar jika muncul 2 nomor IMEI yang berbeda. Hal ini disebabkan karena smartphone Vivo yang beredar di Indonesia selalu dilengkapi dengan fitur dual SIM.

Nomor IMEI sendiri kerap digunakan oleh para provider untuk melakukan identifikasi smartphone yang menggunakan layanan jaringannya.

Oleh sebab itu, semua provider selalu berhak untuk melakukan pemblokiran pada smartphone ilegal yang memiliki nomor IMEI tak sesuai dengan yang terdaftar di Kemenperin.

Nah, yang jadi pertanyaan saat ini adalah bagaimana sih cara mengetahui nomor IMEI smartphone Vivo kita? Yuk simak di bawah ini.

  1. Hal pertama yang dapat lakukan adalah membuka menu Panggilan Telepon.
  2. Setelah itu ketik nomor *#06#.
  3. Kemudian tekan tombol call dan tunggu hingga muncul sebuah informasi tentang nomor IMEI ponsel kamu.

Setelah kamu mendapatkan kode IMEI tersebut, kamu dapat melakukan pengecekan melalui situs https://imei.kemenperin.go.id/ untuk mengetahui apakah smartphone kamu legal atau ilegal.

2. Melihat Menu Pengaturan

Masih ada beberapa cara lain yang dapat kamu gunakan untuk mengetahui nomor IMEI pada ponsel Vivo kamu, yakni dengan masuk ke menu Setting/Pengaturan pada smartphone.

Metode ini juga sangat gampang, namun kamu harus terlebih dahulu tahu tentang lokasi nomor IMEI-nya. Dan untuk kamu yang belum tahu, kamu dapat mengikuti langkah-langkahnya di bawah ini:

  1. Pertama adalah buka menu setting atau pengaturan.
  2. Setelah itu masuk ke Pengaturan Lain.
  3. Kemudian pilih Tentang Ponsel.
  4. Pada menu tersebut akan muncul sebuah informasi tentang model, tahun pembuatan dan hingga nomor IMEI.

Perlu dipertegas lagi bahwa nomor IMEI bukanlah nomor sembarangan. Nomor tersebut hadir sebagai identitas dari setiap smartphone.

Setiap nomor tersebut telah diinputkan dalam situs imei.info. Jika informasi yang ditampilkan berbeda maka besar kemungkinan bahwa smartphone kamu palsu.

3. Melihat Kotak Kemasan Hp Vivo

Cara ketiga yang bisa kamu gunakan untuk mengetahui nomor IMEI kamu dengan sangat mudah adalah dengan mengecek kotak kemasan dari smartphone yang kamu beli. Biasanya ada dibalik kotak kemasan tersebut.

Baca Juga Informasi Vivo Lainnya
Cara Screenshot Vivo Y17Cara Screenshot Vivo S1
Cara Cek HP Vivo

Semoga informasi tentang bagaimana cara cek IMEI Vivo dari berjuang bisa menjadi informasi yang berguna dalam melakukan pengecekan apakah ponsel Vivo kamu asli atau bukan. Sampai jumpa di artikel berikutnya.

You might also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *