Review Samsung Galaxy A52

Hadir dengan spesifikasi midrange dengan kamera OIS. Apakah Samsung Galaxy A52 harga 5 juta ini layak menjadi pilihan terbaik? Simak di sini.

Review samsung galaxy a52

Berjuang.my.id – Samsung masih berusaha keras di segmen smartphone kelas menengah meskipun ada tekanan kuat dari merek China. Samsung Galaxy A52 adalah taruhan terbaru mereka di kisaran harga ini.

Dengan harga Rp 4.999.000 untuk model (8 GB/128 GB) dan Rp 5.399.000 untuk varian (8 GB/256 GB), Samsung mencoba mengemas semua yang mereka bisa pada body yang terlihat sangat bersih untuk dilihat. Tapi apakah cukup untuk bertahan di medan persaingan ini? Silahkan simak ulasan lengkapnya di bawah ini tentang Samsung Galaxy A52 4G.

1. Spesifikasi Samsung Galaxy A52

  • Android 11, Samsung One UI 3.1
  • Dual SIM, Dual standby, Hybrid
  • Layar FHD+ Super AMOLED 6,5 inci, resolusi 2400 x 1080 piksel, 407ppi
  • Kecepatan refresh 90Hz / kecepatan refresh 120Hz (model 5G)
  • Prosesor octa-core Qualcomm Snapdragon 720G 2.3GHz
  • GPU Adreno 618
  • RAM 8 GB
  • Penyimpanan internal 128GB, penyimpanan yang dapat diperluas hingga 1TB
  • Kamera depan 32 megapiksel
  • 64 megapiksel (f/1.8, OIS) + 12 megapiksel (f/2.2, ultra-lebar) + 5 megapiksel (makro) + 5 megapiksel (sensor kedalaman) kamera belakang, lampu kilat LED
  • Speaker stereo yang disetel AKG
  • Dolby Atmos
  • Pemindai sidik jari dalam layar, Face unlock,
  • 4G LTE
  • WiFi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band
  • Bluetooth 5.0
  • GPS, GALILEO, GLONASS, BDS
  • NFC
  • USB Tipe-C
  • Dimensi: 159.9 x 75.1 x 8.4mm
  • Berat: 189g
  • Warna: Awesome Violet, Awesome Blue, Awesome Black, Awesome White
  • Tahan air IP67
  • Baterai 4,500mAh yang tidak dapat dilepas, 25W fast charging

2. Desain

Samsung Galaxy A52

Samsung Galaxy A52 4G mempunyai tampilan design yang sangat elegan. Namun harus dikatakan bahwa mimin juga sedikit kecewa bahwa tampilan desain dari Samsung Galaxy A52 ini sama persis dengan Galaxy A72.

Tetapi ada pembeda diantara kedua, yakni pada ukuran dimensi yang mana Galaxy A52 lebih ringan dan kompak jika dibandingkan Galaxy A72, mungkin juga terpengaruh dari faktor layar yang lebih kecil.

Material yang dipergunakan untuk Galaxy A52 pada bagian belakang body adalah plastik dengan bahan matte. Tentu saja material ini kesat dan tidak licin. Selain itu tak mudah memberikan bekas sidik jari pada perangkat body.

Namun, ada sedikit notice dimata mimin, dimana body belakang seolah memberikan gap antara back cover dengan komponen yang ada didalamnya.

Gap dari Galaxy A52 ini cukup terasa lebih besar jika dibandingkan dengan A72. Apakah mungkin karena setiap produk atau unit berbeda atau memang hal ini disengaja untuk menjaga suhu ponsel. Tapi secara penggunaan, tak memberikan dampak atau bisa dibilang tak mengganggu.

Kamu juga bisa mengatasi hal ini dengan menggunakan bantuan dari soft case yang bisa kamu temukan dalam paket penjualan produk.

BACA JUGA: Harga HP Samsung

3. Layar

Samsung Galaxy A52 002

Samsung Galaxy A52 4G memiliki semua spesifikasi tampilan yang tepat yang mungkin kamu perlukan. Memiliki ukuran 6,5 inci, resolusi FHD+ yang tajam, panel Super AMOLED yang hidup, dan kecepatan refresh 90Hz yang mulus.

Kamu dapat bermain dengan pengaturan warna, tetapi telah diatur dalam Vivid secara default untuk warna yang lebih hidup. Kecerahan layar juga bagus untuk penggunaan outdoor yang cerah.

Saya juga suka bagaimana mereka menggunakan istilah awam dalam pengaturan kecepatan refresh. Ada grafik yang juga menunjukkan perbedaan antara Standar (60Hz) dan Tinggi (90Hz) sehingga Anda dapat memilih dengan bijak tergantung pada kebutuhan kamu.

Samsung Galaxy A52 001

4. Kamera

Selain pengaturan speaker stereo, Samsung Galaxy A52 4G memiliki optical image stabilization (OIS), sesuatu yang tidak dimiliki pendahulunya. Itu duduk di kamera utama 64 megapiksel dengan aperture f / 1.8 yang cerah.

samsung galaxy a52 004

Di sebelah kamera utama terdapat kamera 12-megapixel ultra-wide, sedikit lebih tajam dari sensor 8 megapiksel yang kami lihat. Ini juga memiliki lensa makro 5 megapiksel yang lebih tajam dan sensor kedalaman 5 megapiksel.

Di bagian depan, Samsung A52 juga memiliki kamera selfie 32 megapiksel dengan kerapatan piksel.

samsung galaxy a52 005

Gambar dari kamera utama 64 megapiksel, setelah beberapa pembaruan perangkat lunak, menjadi lebih baik. Warnanya cerah tanpa menjadi terlalu jenuh, kontrasnya dalam, dan detailnya tajam. Gambar dengan cahaya rendah kehilangan sedikit detail itu tetapi masih dapat digunakan. Mode Malam dapat membantu tetapi tertinggal di belakang kompetisi.

Namun, ingatlah bahwa pengaturan tampilan Vivid dapat membuat gambar tampak lebih berwarna daripada aslinya. Jika kualitas warna sangat penting, alihkan pengaturan tampilan ke Netral.

Warna dan kualitas keseluruhan dari 12-megapixel ultra-wide jauh dari yang utama tetapi tetap bagus. Distorsi tepi tidak dapat dihindari tetapi hampir tidak terlihat pada perangkat ini.

Yang mengejutkan di sini adalah kamera makro 5 megapiksel, yang memiliki jarak dan jangkauan fokus yang lumayan, tidak seperti perangkat lain.

Sensor kedalaman 5 megapiksel yang tajam juga memberi perangkat lebih banyak detail untuk bekerja dengan membuat deteksi tepi bersih, menciptakan tampilan seperti DSLR yang dapat dipercaya.

Di bagian depan, kamera 32 megapiksel memiliki modul Quad Bayer dan juga menggunakan pixel-binning untuk menghasilkan gambar 8 megapiksel yang lebih baik. Ini juga mengambil gambar sempit dan lebar — tetapi tidak terlalu lebar karena tidak memiliki kamera ultra lebar khusus.

Dengan itu, Anda dapat mengambil selfie yang sangat bagus dari perangkat ini. Skin tone cukup realistic, contrast, dan dynamic. Mode kecantikan wajah tidak dilebih-lebihkan seperti perangkat lain.

samsung galaxy a52 009

samsung galaxy a52 008

samsung galaxy a52 007

BACA JUGA: Cek IMEI Samsung

5. Fitur

 

Samsung Galaxy A52 telah ditanami One UI terbaru yang memang memberikan dampak besar pada sistem navigasi untuk menjalankan setiap aplikasi. Seluruh ikon dan teks yang tersedia memang dikembangkan sedemikian rupa dengan tujuan agar mudah disentuh dan dilihat para pengguna.

Bahkan elemen pada Samsung Galaxy A52 juga sudah dikembangkan dengan optimal agar dapat membantu para pengguna mengoperasikan dengan satu tangan.

Samsung Galaxy A52 012

Jika dibutuhkan, mode satu tangan juga bisa aktif hanya dengan pintasan gestur tertentu. Samsung sendiri saat ini tak memaksakan para pengguna menggunakan Bixby, bahkan aplikasi browser juga dapat kamu uninstall.

Yang lebih baiknya lagi adalah Bloatware pada perangkat ini tidak terlalu banyak, dengan apk Galaxy Store yang memang memiliki cukup peran dalam memperbarui fitur-fitur seperti always-on display.

Bezel pada perangkat ini juga sedikit tebal pad abagian atas, mungkin memiliki tujuan agar Samsung dapat menyematkan perangkat speaker yang lebih besar untuk earpiece. Selain mempunyai fitur tahan air, ternyata Samsung Galaxy A52 juga dibekali dengan speaker stereo yang sangat baik dan berkualitas.

Ingin menggunakan earphone kabel bawaan perangkat ini? Tenang saja, Samsung juga menyematkan audio jack yang bisa kamu gunakan.

6. Performa

Samsung Galaxy A52 011

Kalau ditelisik melalui performa, mimin merasa sedikit kurang sepakat dengan produk yang satu. pasalnya, produk dengan harga yang sama seperti Samsung Galaxy A52 telah dibekali dengan chipset Qualcomm Snapdragon seri 8.

Sedangkan untuk Samsung Galaxy A52 hanya dipasangkan dengan Snapdragon 720G yang memang umum digunakan untuk smartphone kelas menengah. Apakah Samsung Galaxy A52 lambat? Jawabannya tidak, meski menggunakan refresh rate 90Hz.

Tapi bukan menjadi perangkat yang lebih kencang. Palingan kamu akan merasakan sensasi jeda ketika multitasking pada aplikasi. RAM 8 pada perangkat ini dapat membantu mengakomodasi kebutuhan sehari-hari.

BACA JUGA: Cara Cek HP Samsung

7. Baterai

 

Tidak seperti kebanyakan ponsel kelas menengah, Samsung Galaxy A52 hanya memiliki baterai 4.500mAh, bukan 5.000mAh. Sejujurnya ada rasa sedikit kecewa dimana Samsung sendiri seharusnya mampu memasang baterai dengan kapasitas lebih besar pada perangkat yang satu ini.

Selain itu, dukungan daya isi baterai yang tergolong dibawah standar dimana para kompetitor bisa mencapai angka 33 – 65. Sedangkan pada Samsung A52 hanya 25 watt.

Samsung Galaxy A52 013

Dan beruntungnya disupport dengan adapter yang mendukung, karena bawaan paket pembelian hanya 15 watt saja. Bisa di estimasikan bahwa perangkat akan dapat memenuhi daya isi baterai sekitar 2 jam.

BACA JUGA: Cara Reset HP Samsung

Kesimpulan

Samsung Galaxy A52 4G adalah smartphone yang lengkap. Ini memiliki desain yang bersih namun unik, tampilan yang dinamis dan cepat yang dapat Anda nikmati dengan speaker stereonya, kamera yang bagus dan fleksibel, dan UI bersih yang jarang ada di smartphone Android.

Samsung Galaxy A52 014

Tetapi apakah itu pilihan terbaik Anda untuk harganya? Tentu saja tidak. Banyak perangkat pesaing menawarkan prosesor yang lebih kuat, pengisian daya yang lebih cepat, dan bahkan konektivitas 5G dengan harga yang sama, atau bahkan lebih murah.

Artikel Terkait