Cara Menyembunyikan Aplikasi

Tahukah kamu bahwa ada beberapa versi cara menyembunyikan aplikasi di Android? Mulai dari versi cepat sampai menggunakan aplikasi pihak ke-3. Metode mana yang terbaik? Sebenarnya itu tergantung dari kebutuhan kamu sendiri.

Jika kamu menggunakan aplikasi untuk menyembunyikan aplikasi, kamu harus rela kalau memori kamu akan berkurang. Bagi kamu yang ingin menyembunyikan aplikasi tanpa root, kamu mau tak mau harus mengunduh aplikasi tambahan.

Untuk menentukan metode menyembunyikan aplikasi Android mana yang terbaik untuk kamu, kamu harus memahami setiap alternatif. Mengingat menyembunyikan aplikasi menjadi sesuatu yang penting untuk melindungi privasi dan data pribadi yang kamu miliki, kita harus pintar dan jeli dalam memahami setiap alternatif dan memilih cara menyembunyikan aplikasi Android yang terbaik.

Sekarang mari kita lihat beberapa trik dan tips untuk menyembunyikan aplikasi Android yang mungkin berguna bagi kamu. Biar kamu enggak bingung lagi ketika kamu ingin menyembunyikan aplikasi di Android untuk melindungi data pribadi kamu yang menurut kamu sangat penting.

1. Cara menyembunyikan aplikasi di Android bisa dilakukan dalam 10 detik

Cara menyembunyikan aplikasi di Android bisa dilakukan dalam 10 detik

Jika kamu adalah orang yang malas untuk melakukan instal aplikasi saat ini, maka metode ini tepat untuk kamu gunakan. bahkan metode ini bisa kamu gunakan dalam hitungan detik saja. bagaimana caranya sih? Gampang banget deh, ikuti aja langkah-langkahnya.

  1. Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah membuka menu Pengaturan, Setelah itu kamu bisa memilih Applications.
  2. Langkah selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah memilih Application Manager.
  3. Kemudian pilih All dan sentuh aplikasi apa saja yang ingin kamu sembunyikan.
  4. Langkah terakhir adalah pilih Disable.

Dengan adanya metode ini kamu dapat menyembunyikan aplikasi ingin kamu sembunyikan dengan mudah dan cepat. Dapat juga kita katakan bahwa metode ini adalah metode yang paling dasar dalam menyembunyikan aplikasi. Langkah-langkah yang harus dilakukan sangatlah mudah dan nggak pake ribet. 

Secara umum,  semua smartphone telah dilengkapi dengan adanya fitur penyembunyi aplikasi, tinggal kitanya saja yang pintar-pintar untuk memanfaatkannya.

2. Cara menyembunyikan aplikasi di Android untuk menonaktifkan aplikasi bawaan

Cara menyembunyikan aplikasi di Android untuk menonaktifkan aplikasi bawaan

Untuk menyembunyikan aplikasi bawaan, ada beberapa metode mudah yang bisa kamu lakukan berikut ini:

  1. Langkah awal yang harus kamu lakukan adalah membuka menu Setting atau Pengaturan.
  2. Setelah itu pilih Aplikasi.
  3. Jika di jendela Pengaturan terdapat beberapa menu atau pilihan utama, kamu hanya perlu memilih Perangkat atau Devices terlebih dahulu.
  4. Langkah selanjutnya adalah pilih Application Manager dan sentuh tab All.
  5. Disini Kamu bisa memilih aplikasi yang ingin kamu sembunyikan, lalu tekan Disable.

Dengan metode atau cara menyembunyikan aplikasi di Android yang satu ini, maka aplikasi yang sudah kamu pilih untuk disembunyikan tak akan mungkin ada lagi di homescreen smartphone-mu. 

Jika kamu ingin mengembalikan beberapa aplikasi ke homescreen lagi, kamu hanya perlu melepas mode disable pada aplikasi tersebut.

3. Rekomendasi aplikasi untuk menyembunyikan aplikasi yang bisa kamu coba

Rekomendasi aplikasi untuk menyembunyikan aplikasi yang bisa kamu coba

Salah satu contoh kelebihan yang dimiliki untuk cara menyembunyikan aplikasi di Android menggunakan aplikasi adalah lebih mudah dan sangat menghemat waktu. Ada beberapa aplikasi yang dapat kamu gunakan untuk menyembunyikan aplikasi tanpa melalui root.

Informasi tentang aplikasi yang dapat menyembunyikan aplikasi juga cukup banyak dan beragam. Namun, Berjuang.my.id hanya akan membagikan empat aplikasi yang sangat direkomendasikan. Berikut ini 4 aplikasi tersebut:

I. Aplikasi AppLock

Aplikasi Android yang satu ini dapat menyembunyikan aplikasi lain yang sangat direkomendasikan. Selain dapat menyembunyikan aplikasi, ternyata AppLock juga dapat menyembunyikan data dan file pribadi lainnya.

II. Aplikasi PrivateMe

Aplikasi berikutnya yang akan kita bahas adalah PrivateMe. Yang mana aplikasi Android ini dapat compatible dengan seri Android jadul. Kalau kamu kebingungan soal cara menyembunyikan aplikasi di Android versi Lollipop, maka sangat direkomendasikan deh aplikasi ini.

III. Aplikasi Apex Launcher

Dapat kita katakan bahwa aplikasi yang satu ini sangat bisa diandalkan untuk menyembunyikan aplikasi yang ada di Android secara mudah dan cepat. Selain PrivateMe,  Ternyata aplikasi Apex Louncer juga dapat menyimpan aplikasi tanpa root.

Setelah kamu selesai dalam proses penginstalan, kamu perlu melakukan penyettingan terlebih dahulu pada menu setting Apex. Setelah masuk ke menu Setting, kamu dapat memilih Drawer Settings. Baru kamu bisa memilih hidden Apps untuk mendandai aplikias apa saja yang ingin kamu sembunyikan.

IV. Aplikasi Hide App

Inilah aplikasi lain yang dapat kamu andalkan untuk menyembunyikan aplikasi Android yang ada pada smartphone kamu. Setelah kamu menginstal aplikasi ini, kamu dapat dengan bebas menyembunyikan beberapa aplikasi yang kamu inginkan dan bahkan kamu juga bisa memberikan sebuah password.

Langkah yang harus kamu lakukan adalah masuk ke menu Setting, setelah itu klik on pada PIN Protection. Penggunaan kode memberikan perlindungan lebih untuk menyembunyikan aplikasi pada Android.

4. Menggunakan aplikasi penyembunyi, apakah ada dampak negatifnya?

Menggunakan aplikasi penyembunyi, apakah ada dampak negatifnya?

Hal ini dapat dikatakan bahwa kamu sudah memahami bagaimana cara menyembunyikan aplikasi di Android tanpa tambahan aplikasi ataupun penggunaan dengan aplikasi pihak ke-3.

Namun ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui dalam menyembunyikan aplikasi di Android yang menggunakan aplikasi penyembunyi atau aplikasi pihak ketiga. Salah satu kelemahan yang dimiliki oleh aplikasi pihak ketiga adalah membuat smartphone kita menjadi semakin berat dan  lambat.

Jika kamu menggunakan layanan  jasa dari pihak ketiga, ada baiknya kamu memiliki kapasitas memori yang lebih. Namun, kamu tak perlu risau tentang itu, sebab sudah ada banyak smartphone yang telah diberi fitur tambahan soal kemanan dan mempermudah dalam proses penyumbinyian aplikasi di Android.

Baca Juga Informasi Lainnya
Cek IMEI OPPOCek IMEI Samsung
Cek IMEI Vivo

5. Cara-cara di atas terlalu ribet? Solusi terakhir ini bisa jadi senjata pamungkas!

Jika teman-teman Berjuang menganggap bahwa 4 cara di atas terlalu ribet, kamu juga dapat membeli smartphone Android yang telah menyediakan fitur menyembunyikan aplikasi. Smartphone Android keluaran terbaru mempunyai fitur keamanan yang jauh lebih canggih daripada Android versi lama.

Privacy System pada smartphone baru sangat maju sehingga tak perlu kamu pusing-pusing lagi untuk bisa menyembunyikan aplikasi.

Leave a Comment