Cara Cek IMEI Samsung

Cara Cek IMEI Samsung – Sedikit penyegaran bahwa semua varian dari produk Samsung telah memiliki nomor IMEI yang berbeda-beda. Nomor IMEI ini memiliki peran penting dalam autentifikasi smartphone tersebut.

Garis besarnya seperti ini, jika nomor IMEI tersebut kamu inputkan dalam sistem pengecekkan IMEI, maka akan muncul sebuah notifikasi tentang informasi dari ponsel smartphone tersebut, serial number, model, tahun pembuatan, jenis dari ponsel tersebut, dan masih banyak lainnya.

Nomor IMEI juga memiliki fungsi untuk menentukan keaslian dari smartphone tersebut.

Apabila informasi yang disuguhkan berbeda dari jenis HP kita, maka dapat dikatakan bahwa produk yang kita miliki palsu. Selain itu, IMEI juga dapat digunakan oleh operator seluler untuk melakukan pemblokiran pada layanannya.

Dan belum lama ini muncul sebuah wacana untuk melakukan pemblokiran nomor IMEI bagi produk Samsung yang diedarkan secara ilegal di Tanah Air.

Nantinya, semua operator seluler dapat melakukan pendeteksian pada produk Samsung yang kita miliki, apakah produk kita ini asli atau palsu.

Jika peraturan ini sudah dapat ditetapkan dan dilaksanakan, maka besar kemungkinan kita tak dapat lagi menggunakan layanan data, sms, dan juga telepon pada ponsel pintar Samsung yang ilegal atau black market.

Untuk bisa memastikan bahwa HP Samsung kita ini asli atau palsu, ada baiknya jika kamu melakukan proses pengecekan IMEI terlebih dahulu.

Cara cek IMEI Samsung dapat dikatakan sangat mudah. Sobat Berjuang dapat melakukan hal ini dengan mengikuti langkah-langkah dan metode di bawah ini.

Cara Cek IMEI Samsung

1. Cek Imei Samsung Dengan Kode

Cek Imei Samsung Dengan Kode

Salah satu metode yang bisa kamu gunakan untuk cara cek IMEI Samsung asli atau palsu adalah dengan menggunakan kode khusus yang nantinya akan menunjukkan sebuah informasi tentang nomor IMEI.

Jika kamu menggunakan Samsung dual SIM, maka akan muncul 2 nomor IMEI yang berbeda. Lantas bagaimana sih caranya? Yuk simak di bawah ini:

  1. Hal pertama yang harus teman-teman lakukan adalah membuka menu panggilan telepon.
  2. Setelah itu tekan kode *#06#.
  3. Kemudian kamu tekan tombol call (panggilan).
  4. Tunggu beberapa saat hingga muncul sebuah notifikasi informasi nomor IMEI pada layar HP.

Metode ini dapat kamu gunakan untuk semua jenis ponsel berbasis Android, termasuk Samsung.

2. Mengecek IMEI Di Menu Setting

Mengecek IMEI Di Menu Setting

Selain menggunakan metode cek IMEI melalui kode, kamu juga dapat melakukan metode manual ini.

Untuk melakukan pengecekkan, kamu hanya perlu masuk ke menu pengaturan. Untuk kamu yang bingung, dapat mengikut langkah-langkah di bawah ini:

  1. Hal pertama adalah masuk ke menu Pengaturan atau Setting pada ponselmu.
  2. Setelah itu cari menu About Phone (Tentang Ponsel).
  3. Setelah itu cari Kode IMEI.
  4. Nanti kamu akan melihat dua nomor IMEI yang berbeda jika kita menggunakan ponsel dual SIM.

Sedikit informasi buat kamu, dalam menu pengaturan di Samsung terdapat kolom pencarian, jadi kamu hanya perlu memasukkan kata kunci About Phone untuk memudahkan sekaligus mempercepat kamu melihat kode IMEI.

3. Melihat Melalui Dus Book

Melihat Melalui Dus Book

Di luar sana ada begitu banyak sekali produk Samsung black market dan rekondisi. Jika kamu membeli ponsel rekondisi, biasanya kode IMEI yang tertera pada dusbook dan ponsel itu berbeda.

Hal ini disebabkan karena ponsel rekondisi adalah ponsel bekas yang melalui proses perbaikan ulang agar terlihat baru, jadi wajar jika menggunakan dusbook palsu.

Apabila HP Samsung yang kamu beli adalah HP Samsung asli, sudah pasti akan tertera nomor IMEI pada bagian belakang dusbook dan ini sama dengan yang ada di ponsel.

Lantas, untuk bisa memastikan bahwa kode IMEI dan dari dusbook dan ponsel sama bagaimana? Silahkan ikuti tips yang pertama, yakni cara cek IMEI dengan kode.

4. Cek Info IMEI Samsung

Cek Info IMEI Samsung

Bisa kita katakan bahwa cara cek IMEI Samsung yang ada di atas terbilang cukup mudah. Setelah kita mengetahui nomor IMEI pada smartphone kita, saatnya untuk kita melakukan pengecekan informasi lebih rinci tentang kode IMEI tersebut.

Hal ini sudah pasti sangat penting untuk mengetahui apakah ponsel kamu asli atau palsu. Untuk mengetahuinya, ikuti langkah-langkah di bawah ini:

  1. Hal pertama kamu harus mengakses imei.info.
  2. Setelah itu masukkan nomor IMEI kamu dalam kolom pencarian.
  3. Setelah itu isi Captcha dan klik “Check“.
  4. Tunggulah hingga beberapa waktu, akan muncul sebuah informasi tentang model, perusahaan pembuatan, tahun perilisan ponsel, bahkan hingga hardware yang digunakan dalam perangkat tersebut.
Baca Juga Informasi Samsung Lainnya
Cara Screenshot Samsung Galaxy J3 Cara Screenshot Samsung Galaxy M30
Cara Screenshot Samsung Note 10

Nah, semoga informasi tentang bagaimana cara cek IMEI Samsung dari Berjuang bisa bermanfaat untuk teman-teman.

Semua metode yang telah diulas sangatlah mudah untuk dilakukan, namun kamu tak boleh menyepelekkan nomor IMEI yang tertera. Karena ini bisa berguna untuk membantu mengecek keaslian dari ponsel kamu. Dan nomor IMEI juga berfungsi sebagai identitas dari smartphone kamu.

Yakin Nih Gak Mau Komen?