Cara Reset HP OPPO

Berjuang.my.id – HP OPPO yang tiba-tiba mengalami hang atau error terus-menerus tentu akan mengganggu aktivitas kamu. Solusi yang bisa dicoba adalah dengan cara mereset HP OPPO dan melakukan hard reset ke pengaturan pabrik. Namun, sebelum melakukannya, pastikan kamu tahu kelebihan dan kekurangan dari tindakan ini.

Jika HP OPPO kamu terus mengalami error yang sama, atau kamu memiliki banyak file yang rusak dan cache sampah yang banyak, cara reset HP yang kami sampaikan mungkin akan berguna untuk mengatasi masalah tersebut. Namun, ingat bahwa ini akan menghapus semua data yang ada di HP kamu.

Cara Hard Reset HP OPPO ke Pengaturan Pabrik

Cara Hard Reset HP OPPO

Biasanya masalah yang terjadi pada HP OPPO disebabkan oleh beban yang terlalu berat atau masalah dengan aplikasi pihak ketiga. Salah satu opsi yang bisa kamu coba adalah dengan mereset OPPO kamu ke pengaturan awal pabrik atau yang lebih dikenal dengan istilah hard reset.

Hard reset sendiri adalah proses mereset HP OPPO kita ke kondisi sistem yang tidak aktif dengan opsi untuk menghapus data. Kamu bisa mempelajari cara melakukannya di artikel kami. Namun, sebelum melakukan hard reset, kami sangat menyarankan untuk mencadangkan data-data penting kamu terlebih dahulu.

Perlu diingat bahwa cara ini hanya berlaku untuk perangkat yang menggunakan ColorOS 6.0 ke atas. Kamu bisa periksa versi ColorOS yang digunakan pada HP kamu dengan masuk ke menu [Pengaturan] > [Tentang Ponsel].

Apa itu Reset ke Pengaturan Pabrik

Kembali ke Pengaturan Pabrik adalah proses mereset HP OPPO kamu ke kondisi sistem yang tidak aktif dengan opsi untuk menghapus data.

Artinya, kamu bisa melakukan reset HP OPPO jika ponsel menjadi lambat, terlalu banyak file sampah dan cache, atau mengalami masalah dengan sistem atau aplikasi.

Dengan mereset HP OPPO ke pengaturan pabrik, kamu dapat membersihkan sistem dan mengembalikan kinerja ponsel seperti sebelumnya. Namun, pastikan untuk backup data penting sebelum melakukan reset.

Resiko Melakukan Hard Reset HP OPPO

Melakukan [Reset ke Data Pabrik] akan menghapus semua data yang ada di ponsel kamu secara permanen. Oleh karena itu, sebelum melakukan reset, pastikan untuk membuat cadangan data penting kamu dan mentransfernya ke komputer atau kartu SD. Dengan begitu, kamu bisa mencegah kehilangan data yang penting setelah melakukan reset.

Cara Reset HP OPPO ke Pengaturan Pabrik

Cara Reset HP OPPO ke Pengaturan Pabrik

Untuk mereset ponsel OPPO kamu, kamu bisa buka menu [Pengaturan] > [Pengaturan Tambahan] > [Buat Cadangan dan Reset] > [Reset ke Data Pabrik].

Dalam menu [Reset ke Data Pabrik], ponsel OPPO memiliki lima pilihan yang bisa kamu pilih sesuai dengan kebutuhan kamu.

Namun, perlu diingat bahwa setelah memilih pilihan reset dan mengoperasikannya, pilihan tersebut tidak dapat dibatalkan lagi. Jadi pastikan untuk membuat cadangan data sebelum melakukan reset.

1. Reset HP OPPO Pengaturan Sistem Saja

Pilihan ini akan mengatur ulang semua pengaturan sistem tanpa menghapus data atau file media apapun yang ada di dalam ponsel kamu. Artinya, semua pengaturan yang pernah kamu lakukan seperti wifi, bluetooth, dan lain-lain akan dikembalikan ke pengaturan default pabrik. Namun, data pribadi kamu seperti foto, video, dan dokumen tetap akan aman.

2. Hapus Aplikasi yang Diunduh dan Data Aplikasinya

Opsi ini akan menghapus semua aplikasi yang dapat dihapus dari ponsel kamu, serta semua data aplikasi yang tersimpan di dalamnya.

Namun, file aplikasi yang disimpan oleh pengguna, seperti foto dan musik, akan tetap aman dan tidak akan terhapus.

Jadi, jika kamu ingin membersihkan ruang penyimpanan ponsel kamu dari aplikasi yang tidak diinginkan, opsi ini bisa menjadi pilihan yang tepat.

3. Bersihkan Semua Data

Kamu harus tahu bahwa dengan memilih opsi ini, semua data yang ada di ponsel OPPO kamu akan terhapus. Itu berarti semua konten, pengaturan, foto, dan musik yang ada di ponsel kamu akan hilang.

Dan ponsel OPPO kamu akan dikembalikan ke kondisi awal, yaitu kondisi saat baru dikeluarkan dari pabrik.

Jadi, pastikan kamu sudah membackup data yang penting sebelum melakukan opsi ini.

4. Bersihkan Kontak dan Riwayat Panggilan di Telepon Ini

Penting buat kamu tahu, kalau kamu memilih opsi ini, semua kontak dan riwayat panggilan yang ada di kartu SIM kamu akan terhapus.

Cuma kontak yang ada di kartu SIM yang akan tetap ada. Tapi jangan khawatir, data yang ada di ponsel OPPO kamu tidak akan terpengaruh sama sekali.

Jadi pastikan kamu sudah membackup data kontak yang penting sebelum melakukan opsi ini.

5. Bersihkan Pesan SMS dan MMS di Telepon Ini

Perlu diingat kalau kamu memilih opsi ini, semua pesan SMS dan MMS yang ada di kartu SIM kamu akan terhapus. Cuma pesan SMS yang ada di kartu SIM yang akan tetap ada.

Tapi jangan khawatir, data yang ada di ponsel OPPO kamu tidak akan terpengaruh sama sekali. Jadi pastikan kamu sudah membackup data pesan yang penting sebelum melakukan opsi ini.

Jika Data Tidak Dapat Dihapus Melalui Pengaturan Pabrik

Kamu bisa mereset ponsel OPPO kamu ke pengaturan pabrik dengan cara mematikan ponsel, lalu menekan tombol Power dan tombol Volume bawah secara bersamaan untuk masuk ke Mode Recovery.

Setelah itu, pilih bahasa yang kamu inginkan, lalu klik pilihan [Hapus Data] > [Hapus Data (Simpan SMS, Kontak dan Foto)].

Proses ini akan menghapus semua data yang ada di ponsel kamu, kecuali Kontak, SMS, Aplikasi yang terpasang, dan file-file seperti Foto, Musik, Video, dan file Zip.

Ingat, untuk privasi dan keamanan ponsel kamu, Kata Sandi Layar Kunci juga akan disimpan. Itulah cara reset HP OPPO ke pengaturan pabrik. Semoga informasi ini bisa membantu kamu.


Penulis : Bram Khalid | Editor : Kiki Widya, Frandy Pujianto

Artikel Terkait:

Tips: