Cara Mengambil Uang di ATM Mandiri

Tak sedikit masyarakat Indonesia yang belum tahu tentang bagaimana cara mengambil uang di ATM Mandiri. Hampir Kebanyakan orang mempercayakan uang mereka untuk disimpan di bank. Hal ini juga didasari oleh beberapa faktor, salah satunya adalah rasa aman.

Namun pada topik kali ini kita akan membahas tentang Bank Mandiri. Bank Mandiri adalah salah satu bank swasta terbesar di tanah air dalam hal aset, pinjaman dan juga deposit. Meski Bank ini milik swasta, namun memiliki begitu banyak kantor cabang yang tersebar di seluruh wilayah di Indonesia dengan tujuan untuk mempermudah sekaligus memuaskan para nasabahnya.

Yang membuat lebih keren dari bank ini adalah metode pelayanan yang sangat modern sehingga para nasabah menjadi lebih mudah dalam proses transaksi. Salah satu contoh pelayanan modern yang kita sebut kali ini adalah ATM.

Keuntungan yang didapatkan oleh nasabah dengan pelayanan modern ini adalah kamu tidak perlu lagi melakukan transaksi seperti cek saldo, transfer dana, ataupun mengambil uang di kantor cabang Mandiri, kamu hanya perlu datang ke gerai ATM untuk melakukan transaksi.

Saat ini kamu akan dengan sangat mudah menemukan sejumlah mesin ATM Mandiri yang tersebar di seluruh wilayah di Indonesia. Hal yang harus kamu lakukan adalah kamu hanya perlu datang ke ATM Mandiri terdekat dengan membawa Kartu Debit atau yang biasa disebut kartu ATM yang nantinya digunakan untuk melakukan transaksi atau mengambil uang di mesin ATM.

Cara Mengambil Uang di ATM Mandiri

Mungkin diantara nasabah baru Bank Mandiri belum mengetahui cara menarik uang dari ATM Mandiri. Metode ini dapat dikatakan sangat mudah, karena kamu hanya perlu memasukkan kartu debit ke ATM.

Jika sudah, kamu hanya perlu memasukkan nominal dari uang yang akan kamu tarik. Untuk lebih mudah dan jelasnya, kamu bisa menyimak informasi lengkapnya di bawah ini.

1. Kunjungi Mesin ATM Mandiri terdekat

Mesin ATM Mandiri

Untuk melakukan penarikan, kunjungi ATM Mandiri terdekat kamu. Nasabah tidak perlu khawatir mencari ATM terdekat karena ATM Mandiri tersebar luas di seluruh Indonesia. ATM Mandiri biasanya tersedia didekat kantor cabang Bank Mandiri.

2. Memilih Pecahan Uang

Pecahan Uang ATM Mandiri

Jika kamu telah sampai pada gerai atau mesin ATM Mandiri, maka kamu bisa langsung memilih pecahan nominal sesuai dengan keinginan ataupun kebutuhan kamu. Bank Mandiri mempunyai 2 jenis nominal, yaitu pecahan Rp100.000 dan juga Rp 50.000.

Untuk kamu yang ingin mengetahui nilai pecahan tersebut, maka kamu bisa langsung melihat pada mesin ATM karena ada sebuah stiker yang tertempel yang menjelaskan tentang nominal pecahan pada mesin ATM tersebut.

Jika kamu membutuhkan nominal Rp50.000 maka kamu bisa memilih mesin yang mempunyai pecahan nominal Rp50.000. Tapi, jika kamu menginginkan uang dengan nominal pecahan Rp100.000, maka pilih mesin ATM yang memiliki stiker nominal Rp100.000.

3. Memasukkan Kartu ATM Mandiri

Memasukkan Kartu ATM Mandiri

Jika sudah menentukan nominal yang akan dipilih pada mesin ATM, maka kamu bisa memasukkan kartu ATM pada slot yang tersedia. Masukkan kartu ATM dan jangan sampai terbalik, jika salah memasukkan kartu, maka akan bisa merusak kartu ATM kamu atau bahkan mungkin kartu kamu akan kena blokir.

4. Menentukan Bahasa

Menentukan Bahasa

Jika sudah memasukkan kartu ATM, maka kamu akan dibawa dalam menu tampilan untuk memilih bahasa. Dalam mesin ATM Mandiri memiliki 2 menu bahasa, yaitu bahasa Indonesia dan bahasa Inggris.

Para pengguna dapat dengan bebas menggunakan bahasa sesuai dengan yang diinginkan. Akan tetapi, untuk lebih memudahkan para pengguna, Berjuang sangat menyarankan untuk memilih menggunakan bahasa Indonesia.

5. Memasukkan Nomor PIN ATM

Memasukkan Nomor PIN ATM

Dilangkah ke-5 ini kamu harus memasukkan nomor PIN ATM kamu yang terdiri atas 6 digit angka. Pastikan bahwa kamu selalu mengingat nomor PIN ATM kamu, dan pastikan juga selalu memasukkan nomor PIN ATM dengan benar. Jika kamu telah berhasil memasukkan nomor PIN ATM, maka kamu bisa langsung menekan “Enter” agar bisa melanjutkan transaksi.

Wajib diingat untuk selalu memasukkan kode PIN ATM dengan benar. Jika kamu sering melakukan kesalahan dalam memasukkan PIN ATM, ATM kamu bisa terblokir secara otomatis oleh sistem yang telah ditetapkan.

6. Memasukkan Nominal Pengambilan Uang

Memasukkan Nominal Pengambilan Uang

Step selanjutnya adalah memilih atau menentukan berapa nominal yang akan kamu tarik. Monitar juga akan menunjukkan berapa nominal pecahan yang sesuai dan tersedia.

Jika jumlah yang kamu butuhkan tak sesuai atau tak ada dalam layar monitor, maka kamu bisa memilih “Penarikan Jumlah Lain”. Kemudian masukkan jumlah yang ingin kamu tarik sesuai dengan kebutuhan atau keinginan dan pastikan sesuai juga dengan nominal pecahan pada tombol pinpad ya.

7. Konfirmasi Cetak Struk

Konfirmasi Cetak Struk

Sebelum uangnya kamu ambil melalui mesin ATM, monitor akan menunjukkan sebuah tampilan berupa konfirmasi mengenai pencetakan struk. Struk atau resi akan keluar dengan menunjukkan sebuah rincian tentang transaksi yang baru saja kamu lakukan.

Apabila kamu membutuhkan struk sebagai data pembukuan dari keuangan kamu, kamu bisa mencetaknya dengan cara memilih menu “Ya”, dan jika kamu tak ingin mencetak struk bisa memilih menu “Tidak”.

8. Mengambil Uang dan Struk

Memberikan Uang dan Struk

Jika kamu telah menyelesaikan langkah nomor 7, maka kamu harus menunggu sebentar agar mesin bisa memproses pengeluaran uang tersebut sekaligus struk. Silahkan ambil struk tersebut melalui dispenser slot yang berada di bawah pinpad dan kertas resi bisa kamu ambil melalui printer slot (apabila kamu ingin mengambil ceta struk tersebut).

9. Konfirmasi Penyelesaian Transaksi

Konfirmasi Penyelesaian Transaksi

Langkah k-9 adalah melakukan konfirmasi transaksi. Monitor pada mesin ATM akan memberikan sebuah notifikasi yang bertuliskann “Apakah Anda Ingin Melalukan Transaksi Lainnya”. Jika kamu tak ingin melanjutkan, kamu bisa memilih “Tidak”.

Setelah itu mesin akan secara otomatis mengeluarkan kartu ATM kamu. Jangan sampai lupa untuk kamu mengambil kartu ATM tersebut jika sudah selesai melakukan transaksi.

10. Lakukan Cek Ulang Jumlah Uang yang Telah Diambil

Langkah akhir adalah melakukan pengecekkan pada nominal jumlah uang yang sudah kamu tarik dari mesin ATM. Pastikan bahwa jumlahnya sudah benar.

Lakukan Cek Jumlah Uang yang Telah Diambil

Seperti yang kamu tahu bahwa pengambilan atau cara mengambil uang di ATM Mandiri sangatlah praktis dan mudah dilakukan jika kamu mengetahui caranya. Jadi jangan pernah takut atau ragu untuk mengambil uang di mesin ATM. Jika kamu memiliki masalah, kamu bisa langsung menghubungi pihak Bank Mandiri melalui call center dengan nomor 14000.

FAQ

❆ Bagaimana Jika ATM Mandiri Tertelan?
Jika kamu mengalami masalah ini, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah jangan pernah panik. Hal seperti ini merupakan hal yang sering terjadi dalam kasus penarikan uang di mesin ATM. Jika sudah tertelan, maka hal yang harus kamu lakukan adalah melakukan pemblokiran kartu ATM Mandiri kamu. Caranya? Kamu bisa baca rangkumannya di ➠ ➠ Cara Blokir ATM Mandiri.
❆ Berapa Biaya Penarikan ATM Mandiri?
Mandiri memberikan keringanan atas masalah ini. Yang mana para nasabah tak perlu menerima biaya penarikan di ATM Mandiri atau bisa dibilang gratis 100%. Tetapi, jika kamu mengambil uang di ATM Bank lain yang memiliki logo Link, ATM Bersama, ataupun ATM Prima maka kamu akan terkena biaya transaksi sekitar Rp7.500.
❆ Berapa Sisa Saldo Minimal?
Untuk penarikan uang pada mesin ATM Mandiri hanya dapat kamu lakukan ketika ada saldo yang mengendap sebesar Rp100.000. Peraturan ini telah diberlakukan pada tabungan Bank Mandiri Reguler. Untuk yang produk Mandiri Tabunganku hanya perlu mengendapkan saldo sekitar Rp20.000.
❆ Bisahkah Menghabiskan Saldo di ATM Mandiri?
Seperti yang telah kita ulas di atas, bahwa Bank Mandiri menetapkan sebuah kebijakan yang disebut dengan saldo minimal yang wajib ada di akun bank kamu. Oleh sebab itu, kamu tak dapat menghabiskan semua saldo yang ada ketika kamu menarik uang di mesin ATM Mandiri.
❆ Bagaimana Cara Mengambil Uang di ATM Mandiri Tanpa Kartu?
Cara mengambil uang di ATM Mandiri tanpa kartu kredit adalah hal yang sangat memungkinkan saat ini. Kamu bisa menggunakan layanan aplikasi LinkAja sebagai alat pengganti dari layanan aplikasi Mandiri e-Cash. Untuk kamu yang penasaran bagaimana caranya. Kamu bisa simak informasinya melalui laman resmi berikut: www.bankmandiri.co.id/linkaja.
❆ Kenapa Uang di ATM Mandiri Tidak Mau Keluar?
Perlu kamu ketahui bahwa semua mesin ATM mempunyai limit atau batasan penarikan. Jika sudah mencapai limit, maka mesin akan secara otomatis menggagalkan proses penarikan.
❆ Struk Tidak Keluar Apakah Berbahaya?
Kasus ini cukup sering terjadi pada mesin ATM. Namun kamu tak usah khawatir soal itu, karena hal ini biasanya terjadi akibat kehabisan kertas struk.

Itulah rangkuman informasi mengenai cara mengambil uang di ATM Mandiri dari Berjuang . Semoga informasi di atas bisa menjadi informasi yang bermanfaat untuk kita semua. Jika memiliki pertanyaan, jangan sungkan untuk mengirimkannya melalui kolom komentar ya. Sampai jumpa di artikel berikutnya.

Leave a Comment