cara update google play service
Aplikasi, Gadget, Tips & Trik

Cara Update Google Play Service

Cara Update Google Play Service – Kamu pasti sudah tahu bahwa di Android terdapat beberapa fitur atau aplikasi yang terhubung langsung dengan sistem operasi tersebut. Masing-masing dari fitur tersebut sudah pasti memiliki kegunaan dan peran yang dapat dikatakan cukup penting.

Salah satu aplikasi sistem default adalah Google Play Services.

Berjuang yakin sebagian besar dari kamu pasti sudah sering melihat layanan Google Play ini ketika menggunakan ponsel Android, bukan?

Nah, kali ini, Berjuang ingin membahas cara memperbarui layanan ini ke versi terbaru. Mari simak.

Apa Itu Layanan Google Play?

Google Play Services atau yang dikenal sebagai Layanan Google Play dalam bahasa Indonesia, merupakan salah satu fitur background service (aplikasi yang dapat berjalan di latar belakang) pada perangkat Android.

Fungsi yang dimiliki adalah dapat memberikan dukungan kepada aplikasi-aplikasi tertentu yang memang membutuhkan dukungan dari fitur-fitur milik Google.

Contoh yang bisa kita ambil seperti:

  • Google Maps.
  • Google Play Games.
  • Google+ (layanan yang satu ini sudah ditutup).
  • Fitur lokasi.
  • Google Drive.
  • Dan masih banyak lainnya.

Intinya adalah fitur ini mempunyai peran yang sangat penting untuk para pengguna Android. Khususnya untuk kamu yang cukup sering menggunakan fitur-fitur buatan langsung dari Google.

Cara Update Google Play Service

Agar sistem Android dan juga aplikasi-aplikasi yang membutuhkan fitur ini dapat selalu berjalan dengan semestinya, disarankan untuk selalu rutin melakukan pembaharuan atau update kepada layanan Google Play ke versi yang paling baru.

Sebab, hal ini bertujuan untuk menghindari hal terburuk mengenai masalah proses kerja aplikasi yang tak dapat berjalan semestinya.

Lantas bagaimana kita dapat melakukan update tersebut? Masih banyak para pengguna Android yang belum tentang bagaimana hal tersebut dilakukan. Nah, oleh sebab itu, Berjuang.my.id ingin berbagi informasi tersebut secara gamblang dan lengkap kepada teman-teman semua. Jadi simak dengan baik ya di bawah ini:

1. Tunggu Sampai Update Otomatis

Info Aplikasi

Perlu kamu ketahui bahwa fitur Google Play Services yang dalam keadaan default (tanpa mengalami perubahan) akan secara otomatis melakukan update atau pembaruan sendiri.

Jadi kamu nggak perlu heran jika kamu melihat proses pembaruan yang tiba-tiba.

Selain itu, karena memang setting awal adalah default, tak memungkiri bahwa banyak orang yang belum tahu atau menyadari betapa pentingnya fitur ini.

Namun, kamu perlu tahu bahwa pembaruan otomatis ini akan terjadi jika ponsel masih dalam keadaan default.

Kalau kamu pernah melakukan pengaturan ulang, terutama pada auto update, maka sangat disarankan untuk melakukan pengecekkan kembali tentang pengaturan tersebut:

  1. Kamu dapat membuka Setelan HP pada smartphone kamu.
  2. Setelah itu masuk ke Tentang Telepon.
  3. Cari kolom untuk Update.
  4. Kemudian kamu bisa mencari pengaturan Update > Setelah itu ubah setelan tersebut menjadi Update otomatis ya.

setelan pembaruan

Jika kamu memiliki rasa khawatir tentang kuota internet yang terkuras cepat akibat auto update, kamu bisa melakukan pengaturan ke Update via WiFi. Dengan begitu, proses update akan terjadi apabila kamu menggunakan jaringan Wi-Fi saja.

Pengaturan tersebut ditujukan untuk melakukan update kepada semua sistem, dan Layanan Google Play merupakan salah satunya.

Setelah itu, kamu bisa mengaktifkan pengaturan pada Google Play Store:

  1. Langkah pertama adalah membuka Google Play Store.
  2. Kemudian itu buka jendela menu yang ada pada bagian kiri.
  3. Setelah itu kamu bisa menyentuh opsi Setelan.
  4. Lalu aktifkan opsi Update Otomatis.

update aplikasi play

Sama halnya dengan update sistem, kamu juga dapat melakukan pengaturan untuk proses update-nya. Bisa kamu atur untuk berjalan di semua jaringan (termasuk penggunaan data seluler) atau hanya untuk jaringan WiFi saja.

Dengan hadirnya pengaturan ini, selain aplikasi, Layanan Google Play juga bisa secara otomatis mendapatkan pembaruan apabila memang sudah tersedia update terbaru.

Yang harus kamu lakukan adalah menunggu update tersebut selesai, bahkan kamu juga dapat melakukan aktivitas seperti biasanya pada smartphone kamu. Mudah sekali bukan?

2. Cara Update Google Play Services Secara Manual

Apabila kamu tak ingin menggunakan opsi pertama yang mana melakukan update secara otomatis, kamu juga bisa memperbarui Google Play Service secara manual.

Seperti yang sudah dijelaskan, Google Play Services adalah salah satu fitur yang memiliki basis aplikasi. Dengan demikian, kamu dapat menemukan aplikasi ini di Playstore juga.

Daripada makin berlama-lama, bagaimana kalau langsung kita kutip tentang bagaimana cara atau langkah-langkah untuk memperbarui Layanan Google Play secara manual:

  1. Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah membuka Google Playstore.
  2. Setelah itu cari aplikasi Layanan Google Play. Untuk bahasa Inggrisnya adalah Google Play Service.
  3. Jika kamu sudah menemukannya, kamu tinggal update aplikasi tersebut seperti biasa.
  4. Jika tak ada notifikasi tentang update terbaru, maka ponsel kamu telah menggunakan versi terbaru dari Google Play Service.

Sedikit pemberitahuan untuk kamu, cara ini tidak bisa diterapkan pada semua HP Android. Sebagian ada yang memiliki hasil pencarian yang kosong. Namun tak ada salahnya untuk dicoba.

Kenapa Layanan Google Play Harus di-Update?

Tujuan utama dari pembaruan ini adalah menghindari error untuk beberapa program aplikasi. Makanya sangat direkomendasikan untuk selalu melakukan pembaruan atau update untuk semua fitur bawaan HP Android, termasuk Google Play.

Hal buruk apa saja yang bisa terjadi jika kita tak melakukan update? Umumnya, aplikasi tak akan berjalan dengan baik, atau bahkan beberapa fitur tak dapat digunakan, dan masih banyak lainnya.

Bahkan ada beberapa kasus untuk para pengguna yang mendapati sebuah pesan “Layanan Google Play telah terhenti”. Dan ini sudah pasti cukup merugikan untuk para pengguna tersebut.

Dengan kamu melakukan update secara rutin dari yang disuguhkan, hal-hal tersebut tak mungkin kamu alami.

Aktifkan Izin-Izin yang Diperlukan Pada Aplikasi

izin google play

Setelah kamu melalui proses update, ada sedikit langkah tambahan yang sangat direkomendasikan oleh Berjuang untuk kamu. Apa itu? Yakni tentang izin akses aplikasi. Tujuan dari pemberian izin ini adalah supaya aplikasi yang telah update dapat berfungsi normal.

Izin yang Berjuang maksudkan di sini adalah suatu proses yang mana dapat memungkinkan untuk Google Play dapat melakukan akses pada fitur dalam sistem.

Untuk dapat memberikan izin tersebut, kamu bisa mengikuti langkah-langkahnya di bawah ini:

  1. Pertama adalah membuka Setelan HP Android kamu.
  2. Setelah itu cari dan buka kolom menu aplikasi.
  3. Jika sudah, kamu bisa mencari opsi Google Play Service dan kemudian buka.
  4. Lalu buka menu izin.
  5. Disitu, kamu dapat mengaktifkan atau memberikan izin pada aplikasi yang menurut kamu sangat dibutuhkan.

Tak hanya itu saja, kamu juga dapat menekan menu Hapus Cache. Menu ini memiliki fungsi untuk melakukan reset kembali, sehingga program dapat menyesuaikan update secara langsung.

Penutup

Memang benar bahwa cara memperbarui Google Play Service tak banyak diketahui orang. Mengingat tak ada opsi update yang dapat kita gunakan secara langsung.

Jadi jangan heran jika ada beberapa ponsel yang tak dapat menggunakan metode ke-2. Dan ini hanya berlaku pada beberapa ponsel saja.

Dengan informasi yang Berjuang bagikan, semoga dapat menjadi hal yang bermanfaat untuk teman-teman. Sampai jumpa di artikel berikutnya.

You might also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *