Cara Menghemat Baterai iPhone

Mempunyai masalah dengan daya baterai iPhone yang cepat habis? Kenapa tak kamu coba beberapa Cara Menghemat Baterai iPhone dari Berjuang ini.

Cara Menghemat Baterai iPhone

Pada artikel sebelumnya, Berjuang sudah membahas mengenai cara download video Youtube di iPhone. Kali ini kita akan membahas mengenai perangkat hardware dari iPhone itu sendiri. Benar! Pembahasan kali ini adalah cara menghemat baterai iPhone.

Bisa dikatakan bahwa baterai adalah komponen vital pada sebuah device gadget. Jika tidak ada baterai, terus gimana kita bisa menggunakan smartphone tersebut. Di sisi lain, menghemat baterai pada perangkat iPhone juga memiliki manfaat agar baterai lebih tahan lama dan tak mengalami kerusakan seperti soak dan lain-lain.

Apple selaku developer dari iPhone juga selalu melakukan inovasi baru untuk meningkatkan daya tahan dari perangkat baterai yang tertanam pada iPhone itu sendiri. Tetapi, meski kapasitas baterai yang dimiliki sangat tinggi, nyatanya baterai tersebut juga tetap cepat habis.

Pada dasarnya, yang membuat baterai pada perangkat iPhone cepat habis adalah banyaknya aplikasi yang berjalan atau kita gunakan. Padahal, belum tentu aplikasi yang ada pada smartphone kamu memiliki manfaat yang maksimal dalam kebutuhan kamu.

Bahkan ada pula orang-orang yang mengunduh aplikasi, namun aplikasinya hanya digunakan sebagai penghias layar smartphone saja. Karena beberapa faktor inilah yang membuat baterai pada ponsel kamu cepat habis. Untuk mengatasi masalah tersebut, Berjuang.my.id sudah merangkumkam sebuah penjelasan mengenai cara menghemat baterai di iPhone yang bisa kamu coba.

Langkah-langkah yang dilakukan juga sederhana dan ini pasti bisa dilakukan oleh kamu yang mungkin baru saja menggunakan iPhone sekalipun. Yuk simak ulasannya di bawah ini:

1. Menonaktifkan Fitur Reducing Motion

cara menghemat baterai iphone 6

Tahukah kamu bahwa banyaknya efek animasi yang ada pada smartphone bisa mempercepat daya baterai untuk cepat habis. Memang benar, bahwa efek animasi pada HP membuat tampilan lebih keren dan menarik.

Namun, kamu wajib mempertimbangkan bahwa fitur tersebut bukanlah sebuah fitur vital yang harus kamu gunakan. Di sisi lain, kamu juga wajib merawat baterai kamu agar tetap awet dan tak mengalami soak karena borosnya daya baterai akibat efek animasi. Untuk cara mematikan efek animasi adalah buka menu Settings, pilih Accessibility, dan pilih Reduce Motion.

Punya masalah pada smartphone kamu? Ingin melakukan klaim garansi? Simak yuk cara cek garansi iPhone.

2 GPS

cara menghemat baterai iphone 6s

Untuk menghemat baterai pada HP kamu bukan berarti kamu harus mematikan fitur ini. Tetapi, kamu juga bisa mengola aplikasi mana saja yang boleh menggunakan layanan GPS agar dapat menghemat daya baterai kamu.

Memang benar bahwa fitur ini dapat membantu iDevice menjadi lebih pintar. Tetapi, jika kamu memberikan terlalu banyak izin, maka fitur ini akan memiliki potensi ini menyedot daya baterai kamu lebih cepat.

Untuk mengatur masalah ini, kamu hanya perlu membuka menu Settings atau pengaturan, tap Privacy, dan tap lagi Location Service. Gulir layar ponsel hingga ke bawah dan pilih mana saja aplikasi yang dapat menggunakan layanan ini ya.

3. Hidupkan Fitur Modus Low Power

cara menghemat baterai iphone 7

Fitur yang satu ini mempunyai fungsi menonaktifkan beberapa aplikasi yang berjalan melalui latar belakang, mengurangi tingkat pencahayaan pada layar ponsel, dan mengurangi beberapa efek tertentu. Di lain sisi, prosesor pada ponsel juga akan ditekan untuk menggunakan sedikit daya baterai saja.

Tetapi, kamu hanya perlu mengaktifkan mode ini ketika kamu memang diharuskan untuk menghemat baterai. Contohnya saja seperti saat kamu melakukan perjalanan jauh yang memakan waktu cukup lama.

Tetapi, jika pemakaian normal sepertinya kamu tak perlu mengaktifkan fitur ini. Karena fitur ini dapat memberikan efek menghambat pada sistem kerja HP. Untuk cara mengaturnya, silahkan buka menu Settings, pilih Battery, setelah itu aktifkan atau matikan Low Power Mode.

4. Atur Waktu Auto Lock

cara menghemat baterai iphone ios 12

Cara menghembat baterai iPhone berikutnya adalah mengatur fitur auto lock. Fitur ini dapat memberikan dampak yang besar dalam proses penghematan daya baterai. Apabila baterai pada HP merupakan bagian vital, maka kamu harus dapat memilih waktu yang paling cepat dan singkat untuk menghemat waktu, pilih durasi 30 detik.

Fitur ini hampir sama seperti fitur Sleep pada laptop atau komputer, dimana saat kamu tak melakukan aktivitas pada smartphone, maka secara otomatis smartphone tersebut akan terkunci dalam waktu 30 detik.

Cara mengaturnya, bisa kamu buka menu Settings, setelah itu pilih General, dan pilih Auto-Lock.

Ingin membeli smartphone dari Apple? Ragu dengan barang yang ingin di beli? Coba deh cek IMEI iPhone sebelum membelinya untuk mengetahui asli atau palsu barangnya.

5. Menonaktifkan Notifikasi Pada Layar Kunci

Menonaktifkan Notifikasi Pada Layar Kunci

Untuk kamu yang menggunakan iOS versi 10, kamu pasti akan mendapati sebuah notifikasi yang tampil di layar kunci yang mana dapat membuat iPhone menyala terus. Fitur ini pada dasarnya sangat membantu para pengguna, namun kenyataannya fitur ini juga dapat menyedot daya baterai yang berlebih.

Semakin sedikit aplikasi yang kamu beri izin, maka secara otomatis akan dapat mengurangi waktu layar yang kamu aktifkan. Dan ini dapat membantu mempertahankan daya baterai lebih lama.

Untuk cara mengatasi masalah ini cukup mudah, kamu hanya perlu membuka menu Settings, pilih Notification, kemudian pilih aplikasi mana yang ingin kamu nonaktifkan fitur Show on Lock Screen.

6. Menonaktifkan Aplikasi Latar Belakang

Menonaktifkan Aplikasi Latar Belakang

Cara menghembat baterai iPhone yang ke-6 dan paling mujarab ialah dengan mematikan beberapa aplikasi yang kurang berguna dan berjalan di latar belakang. Namun, tak semua aplikasi menggunakan fitur Background App Refresh ya, contoh mudahnya seperti game. Tetapi, aplikasi Messaging seperti WhatsApp, Line dan lain-lain wajib kamu nyalakan jika aplikasi itu sangat penting.

Semakin banyak aplikasi yang membutuhkan Background App Refresh, maka semakin tinggi pula pemakaian dari daya baterai yang dibutuhkan smartphone kamu. Untuk mengatasi masalah ini kamu tinggal buka menu Settings, pilih General, pilih lagi Background App Refresh. Lalu nonaktifkan beberapa aplikasi yang menurut kamu tak penting untuk menggunakan fitur ini.

7. Menonaktifkan Raise to Wake

Menonaktifkan Raise to Wake

Untuk kamu yang belum tahu apa itu Raise to Wake, akan Berjuang jelaskan sedikit. Raise to Wake adalah sebuah fitur yang tertanam pada iPhone dengan basis iOS 10. Fitur ini mempunyai fungsi untuk menghidupkan iPhone secara otomatis saat kamu mengangkatnya. Jadi, fitur ini hadir untuk mempermudah para pengguna tanpa harus membuka dengan cara menekan tombol apapun.

Fitur ini biasanya tertanam pada iPhone 6s, iPhone 6s Plus, iPhone 7, dan seterusnya. Namun, kekurangan dari fitur ini adalah konsumsi daya baterainya yang lumayan banyak. Ada baiknya jika kamu menonaktifkan fitur ini jika dirasa jarang menggunakannya.

Cara menonaktifkannya cukup mudah, kamu hanya perlu membuka menu Pengaturan, kemudian pilih Display & Brightness. Gulir layar kamu hingga ke bawah dan temukan opsi Raise to Wake. Nonaktfikan fitur itu.

Kamu ingin menjual iPhone kamu karena keadaan mendesak? Untuk mengamankan data pribadi kamu, ada baiknya lakukan reset terlebih dahulu. Gak tahu caranya? Yuk intip cara reset iPhone di sini.

Adapun cara lain yang bisa kamu manfaatkan untuk menghemat daya baterai dari iPhone kamu seperti:

  • Nonaktifkan Spotlight.
  • Menonaktifkan fitur AirDrop.
  • Menghapus aplikasi yang dapat memperboros daya baterai.
  • Nonaktifkan WiFi jika tidak kamu gunakan.
  • Matikan data seluler kita kamu tak membutuhkannya.
  • Jangan menggunakan fitur Live Wallpaper jika hanya untuk mempercantik tampilan, karena fitur ini lumayan besar memakan daya baterai.

Itulah 13 cara menghemat baterai iPhoen yang dapat kamu gunakan. Semoga cara di atas dapat bermanfaat untuk kamu dan sampai jumpa.

Artikel Terkait