Tips & Trik

Cara Cek NPWP Atas Nama Siapa

×

Cara Cek NPWP Atas Nama Siapa

Share this article
Cara Cek NPWP Atas Nama Siapa

Saat ini lagi ramai diperbincangkan tentang bagaimana sih cara cek NPWP atas nama siapa di mesin pencari Google. Jika kamu belum tahu gimana caranya dan penawaran tentang NPWP terdaftar atas nama siapa, berikut cara mengeceknya.

NPWP atau Nomor Pokok Wajib Pajak adalah sebuah rangkaian nomor yang memang diberikan kepada wajib pajak sebagai sarana untuk proses administrasi perpajakan yang diperuntukkan sebagai tanda bukti pengenal diri atau identitas wajib pajak yang tengah melaksanakan hak dan kewajiban dalam dunia perpajakan.

Pada dasarnya, semua masyarakat serta badan usaha wajib memenuhi ketentuan yang sudah ditetapkan dalam UUD. Contoh mudahnya seperti seorang yang memiliki usaha atau pekerjaan bebas, wajib terdaftar atau memiliki NPWP 1 bulan sejak pekerjaan atau usahanya dijalankan.

Akan tetapi, seringkali kita menjumpai orang-orang yang lupa dengan nomor NPWP-nya sendiri. Maka dari itu, Berjuang.my.id ingin berbagi informasi tentang gimana sih cara cek NPWP atas nama siapa.

Di era yang mana semuanya serba mudah disegala lini saat ini, tentu saja akan sangat membantu kita dalam proses cara cek NPWP atas nama siapa secara online. Jadi kamu tak perlu lagi keluar rumah untuk pergi ke kantor pajak. Kamu bisa cek langsung NPWP melalui smartphone kamu. Untuk informasi lebih lengkap, silahkan simak di bawah ini.

Apa itu NPWP?

Apa itu NPWP

Dalam pasal 1 Nomor 6 Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2007, dijelaskan bahwa NPWP merupakan sebuah indentitas atau tanda pengenal untuk warga wajib pajak yang diberikan langsung dari DJP atau Direktorat Jenderal Pajak. Wajib Pajak sendiri merupakan orang pribadi ataupun badan.

NPWP memiliki rangkaian nomor yang terdiri dari 15 digit angka. Pada nomor NPWP, sembilan digit pada awal adalah sebuah kode unik dari sebuah identitas NPWP itu sendiri. Kode inilah yang wajib dimiliki oleh setiap masyarakat agar tidak tertukar antara satu dengan yang lain. TIga digit berikutnya adalah kode KPP atau Kantor Pelayanan Pajak yang menerbitkan NPWP tersebut.

Untuk 3 digit terakhir adalah status dari Wajib Pajak. NPWP sendiri terbagi atas 2 jenis, berikut penjelasannya:

  • NPWP Pribadi: yang diperuntukkan untuk setiap individu yang memiliki penghasilan di Indonesia.
  • NPWP Badan: yang memang diperuntukkan untuk perusahaan ataupun badan usaha yang memiliki penghasilan di Indonesia.

BACA JUGA: Cara Daftar NPWP Online

Cara Cek NPWP Online

Ada beberapa metode yang bisa kamu gunakan untuk cara cek NPWP Online ini, baik itu menggunakan bantuan via website, Email, ataupun aplikasi. Berikut langkah-langkahnya dan penjelasannya:

1. Cek NPWP Menggunakan Website

Cek NPWP Menggunakan Website

Cara pertama yang bisa kamu gunakan adalah dengan memanfaatkan website resmi dari pajak. Berikut caranya:

  1. Pastikan bahwa koneksi kamu tersambung dengan baik.
  2. Setelah itu buka website pajak : http://ereg.pajak.go.id/
  3. Kemudian isi nomor NPWP dengan benar, setelah itu tunggu beberapa saat hingga keluar hasilnya.
  4. Apabila identitas kamu tak muncul, besar kemungkinan bahwa NPWP kamu belum aktif atau sudah dinonaktifkan. Untuk mengatasnya, silahkan kunjungi kantor pajak untuk persoalan ini.

2. Cek NPWP Menggunakan Aplikasi

Selain bantuan dari website, kamu juga bisa memanfaatkan aplikasi pajak untuk memermudah dalam proses pengecekkan nomor NPWP. Aplikasi ini bisa kamu download di Google Play Store ataupun App Store.

  1. Download aplikasi DJP.
  2. Setelah itu masukkan nomor NPWP kamu.
  3. Kemudian buka dashboard yang ada di halaman apk, dan tunggu beberapa saat hingga hasilnya keluar.
  4. Apabila identitas tak muncul, besar kemungkinan NPWP kamu belum aktif ataupun dinonaktifkan. Untuk mengatasinya, silahkan kunjungi kantor pajak untuk solusi tentang hal ini.

3. Cek NPWP Menggunakan E-mail

Metode terakhir yang bisa kamu gunakan adalah dengan memanfaatkan alamat Email untuk cek nomor NPWP. Caranya juga cukup mudah untuk dilakukan.

  1. Cari informasi tentang alamat Email dari kantor pajak tempat kamu membuat NPWP.
  2. Setelah itu scan KTP untuk dicantumkan dalam pesan Email kamu.
  3. Setelah itu lampirkan semua data pajak yang tersimpan, seperti surat dari kantor pajak dan lain-lain.
  4. Setelah itu tulis apa kebutuhan dan alasan kalian ingin cek NPWP di dalam pesan tersebut.
  5. Kirim semua dokumen ke alamat Email yang dituju dan tunggu balasan dari pihak kantor pajak.

Kalian bisa juga mengirimkan informasinya melalui Email berikut: [email protected].

Cara Cek NPWP Offline

Jika kamu termasuk orang yang gaptek dengan teknologi atau tak suka dengan cara online, tak perlu khawatir. Kamu tetap bisa melakukan pengecekkan NPWP melalui metode offline dengan mengunjungi langsung kantor pajak terdekat dari tempat domisili KTP kamu. Untuk syaratnya, kamu harus membawa KTP dan serahkan pada petugas pajak serta ikuti arahan-arahan yang diberikan.

Penutup

Sekian informasi yang bisa kami bagikan tentang cara cek NPWP atas nama siapa. Semoga informasi yang kami bagikan bisa menjadi ilmu atau referensi yang bermanfaat untuk kalin.

Cara Cek Tipe HP Xiaomi
Tips & Trik

Untuk teman-teman yang penasaran tentang bagaimana ✅ cara cek tipe HP Xiaomi, maka kamu bisa mencoba 2 metode praktis ini.

Cara Download Scribd Gratis
Tips & Trik

Ingin download Scribd gratis? Ikuti langkah-langkah tentang cara download file di scribd secara gratis dan login melalui Android & PC.

Cara Cek HP Samsung
Gadget

Untuk menghindari penipuan. Kamu wajib tahu tentang ✅ cara cek HP Samsung palsu atau asli di sini, terutama metode ke-3 dan ke-4.

Gadget

Memiliki ponsel yang lemot? Maka gunakan ✅ cara reset HP Samsung atau cara merestart HP Samsung yang bisa menjadi solusi terbaik. Bagaiman caranya? ⏩ Simak!