GadgetiPhoneTips & Trik

Inilah 7 Cara Menghemat Baterai iPhone Paling Efektif

×

Inilah 7 Cara Menghemat Baterai iPhone Paling Efektif

Share this article
Cara Menghemat Baterai iPhone

Berjuang – Wah, kamu pasti sering merasa kecewa saat tiba-tiba iPhone-mu lowbat padahal baru saja digunakan. Hal ini bisa terjadi karena banyak aktivitas yang dilakukan di iPhone, seperti streaming video, browsing, chatting dengan teman, atau cek unggahan di Instagram. Semua aktivitas tersebut mempengaruhi level baterai iPhone-mu.

Tak perlu khawatir, karena selalu ada cara untuk menghemat baterai iPhone-mu. Berikut adalah 7 cara yang bisa kamu lakukan, seperti yang dikutip dari Make Use Of:

1. Atur Tingkat Kecerahan Layar

Salah satu hal yang bisa membuat baterai cepat habis adalah layar yang terlalu terang. Nah, untuk mengatasi hal tersebut, kamu bisa mengurangi tingkat kecerahan layar dengan cara mudah.

Cara pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan mengaturnya di Control Center. Caranya, geser layar iPhone ke bawah, kemudian geser tingkat kecerahan ke bawah untuk membuatnya lebih redup.

Selain itu, kamu juga bisa menonaktifkan fitur Auto-Brightness. Fitur ini akan secara otomatis meningkatkan kecerahan layar ketika iPhone kamu di bawah cahaya matahari yang cerah. Caranya, buka Setting > Accessibility > Display & Text Size > scroll ke bagian paling bawah, dan nonaktifkan Auto-Brightness.

Dengan mengurangi tingkat kecerahan layar, kamu bisa memastikan bahwa baterai iPhone-mu bisa bertahan lebih lama. Jangan lupa, melakukan tips ini bisa membantu kamu menghemat baterai iPhone-mu.

2. Ubah ke Dark Mode

Kamu memiliki iPhone yang didukung layar OLED, yaitu iPhone X, iPhone XS/XS Max, iPhone 11 Pro dan iPhone 11 Pro Max, iPhone 12 series, atau iPhone 13 series? Bagus sekali, karena kamu bisa memanfaatkan fitur Dark Mode untuk menghemat baterai iPhone-mu.

Dark Mode memiliki tampilan yang lebih gelap dan hemat baterai dibandingkan tampilan dengan warna terang. Cara untuk mengaktifkan Dark Mode cukup mudah, yaitu masuk ke Setting > Display & Brightness > pilih Dark.

Nah, dengan mengaktifkan Dark Mode, kamu bisa memastikan bahwa baterai iPhone-mu akan bertahan lebih lama.

3. Gunakan Low Power Mode

Gunakan Low Power Mode

Kamu bisa memanfaatkan fitur Low Power Mode untuk menghemat baterai iPhone-mu.

Low Power Mode akan menonaktifkan beberapa fitur yang tidak terlalu penting, seperti download otomatis, backup iCloud, pengambilan email, hingga fitur pemanggil Siri “Hey, Siri!”. Ini bisa membantu kamu mempertahankan daya baterai lebih lama.

Sistem operasi iPhone akan secara otomatis meminta kamu untuk mengaktifkan Low Power Mode saat baterai mencapai angka 20 persen atau 10 persen. Namun, kamu juga bisa mengatur manual dengan masuk ke Setting > Battery > Low Power Mode.

Jadi, jika kamu membutuhkan baterai iPhone-mu untuk bertahan lebih lama, jangan ragu untuk mengaktifkan Low Power Mode. Ini bisa menjadi solusi cepat dan efektif untuk menghemat baterai iPhone-mu.

4. Matikan Push dan Fetch Email

Kamu bisa menghemat baterai iPhone dengan mengontrol notifikasi email yang diterima. Terkadang, sinkronisasi push, fitur yang memperbarui perangkat dengan email baru yang masuk, bisa sangat memakan baterai.

Untuk mengatasinya, kamu bisa menonaktifkan sinkronisasi push dan meningkatkan interval fetch atau pengambilan email. Ini akan membuat perangkat hanya memeriksa email baru pada jadwal yang ditentukan.

Menonaktifkan sinkronisasi push dan meningkatkan interval fetch bisa sedikit merepotkan, tetapi ini bisa membantu kamu mempertahankan baterai iPhone sepanjang hari.

Kamu bisa mengatur pengambilan email secara manual dengan membuka Setting > Mail > Account > Fetch New Data dan atur interval sesuai kebutuhan.

5. Atur Waktu Penguncian Otomatis (Auto-Lock)

Atur Waktu Penguncian Otomatis

Fitur Auto-Lock sangat berguna untuk menghemat baterai iPhone-mu. Ini memastikan layar iPhone-mu tidak menyala terus-menerus selama kamu tidak memakainya.

Kamu bisa memilih waktu penguncian layar mulai dari 30 detik hingga 5 menit.

Untuk hasil terbaik dalam menghemat baterai, disarankan untuk memilih waktu penguncian layar yang paling singkat. Caranya mudah, buka Setting > Display & Brightness > Auto-Lock, lalu pilih periode waktu yang paling sesuai dengan kebutuhanmu.

Dengan begitu, layar iPhone-mu akan otomatis terkunci setelah waktu yang kamu tetapkan, membuat baterai lebih hemat dan tahan lama.

6. Hindari Pemakaian Aplikasi yang Menguras Baterai

Untuk memastikan bahwa baterai iPhone kamu bertahan lebih lama, cobalah untuk memeriksa bagaimana aplikasi-aplikasi yang kamu gunakan mempengaruhi baterai.

Caranya mudah, cukup buka Setting > Battery. Di sini, kamu akan melihat rincian tentang penggunaan baterai dari setiap aplikasi dalam 24 jam terakhir dan 10 hari terakhir.

Perhatikan Background Activity, yang muncul di bawah nama aplikasi, ini menunjukkan bahwa aplikasi tersebut masih menghabiskan baterai meski kamu tidak menggunakannya secara aktif.

Jika kamu ingin mencegah hal ini, cobalah untuk mematikan fitur Background App Refresh untuk aplikasi-aplikasi tertentu. Caranya, buka Setting > General > Background App Refresh dan pilih aplikasi-aplikasi yang tidak ingin kamu gunakan.

7. Kurangi Notifikasi

Kurangi Notifikasi

Untuk menjaga baterai iPhone agar tahan lama, kamu bisa memanfaatkan beberapa fitur dan pengaturan notifikasi. Jika kamu sering menerima notifikasi, layar iPhone akan menyala secara otomatis dan mengkonsumsi baterai. Oleh karena itu, kamu bisa membatasi jumlah notifikasi yang masuk ke perangkatmu.

Pertama, putuskan notifikasi mana yang tidak penting dan nonaktifkan mereka. Caranya, buka Setting aplikasi dan masuk ke pengaturan Notifikasi. Kemudian, pilih aplikasi dari daftar dan matikan opsi Izinkan Pemberitahuan.

Kedua, aktifkan Do Not Disturb saat kamu membutuhkan baterai ekstra. Fitur ini akan mematikan notifikasi dan membuat iPhone tidak mengeluarkan suara, cahaya, atau getar.

Perlu diketahui bahwa menutup aplikasi secara manual tidak membantu menjaga baterai iPhone. Justru hal ini bisa menambah pengkonsumsian baterai, karena setiap kali aplikasi ditutup dan dibuka kembali, baterai akan terkuras. Oleh karena itu, hindari menutup aplikasi secara paksa dan lebih baik membatasi notifikasi yang masuk ke perangkatmu.


Penulis : Kiki Widya | Editor : Frandy Pujianto

Artikel Rekomendasi:

tema marshmallow
Tips & Trik

Inilah rangkuman lengkap tentang dan tempat download untuk tema Marshmallow lengkap dengan nuansa keren dan lucu. Wajib untuk kamu Coba!