Game

Panduan Ragnarok X: Next Generation untuk Pemula

×

Panduan Ragnarok X: Next Generation untuk Pemula

Share this article
Panduan Ragnarok X Next Generation untuk Pemula

Berjuang.my.id – Ragnarok X: Next Generation merupakan salah satu game RPG online yang saat ini tengah naik daun dikalangan para gamer. Dan game ini juga sudah rilis untuk wilayah Asia Tenggara.

RoX: Next Generation merupakan sebuah game yang diadaptasi dari game resmi original klasik Ragnarok dan berlisensi.

Tentu saja game ini akan mampu membantu para player setia Ragnarok untuk mengenang kembali masa-masa indah mereka di tanah Midgard bersama dengan para player lain.

Pada artikel ini, Berjuang ingin berbagi informasi mengenai panduan atau tata cara bermain di game Ragnarok X: Next Generation untuk para player baru atau newbie. Tujuan utama artikel ini adalah membantu mengajarkan mengenai fungsi dasar yang tepat dan perlu diketahui oleh para player baru.

Jika kamu player lama dan lupa mengenai panduan bermain yang tepat, bisa juga untuk membaca artikel ini kembali sebagai pengulang ingatan kamu agar lebih efektif dalam bermain game Ragnarok X: Next Generation ini.

Kelas (Job) dalam Ragnarok X: Next Generation

1. Swordsman

swordsman ragnarok x

Swordsman merupakan kelas petarung yang cukup banyak digemari oleh para player. Job atau class dari Swordsman ini dapat menggunakan armor terkuat dalam permainan Ragnarok X: Next Generation
dengan tujuan mempertahankan kedamaian benua.

Kelas swordsman mempunyai kemampuan bertahan yang sangat kuat dan tak tertandingin. Umumnya, job ini selalu berada di dalam barisan depan yang berfungsi untuk menahan musuh. Beberapa kemampuan yang dimiliki kelas ini adalah Bash, Magnum Break, Provoke, dan juga endure.

Kelas Swordsman juga memiliki kelas lanjutan yang disebut dengan Knight.

  • VIT Knight – memiliki mobilitas yang sangat baik dan pertahanan yang sangat kuat, dapat menjadi aggro, dan memiliki fungsi utama sebagai tank dalam sebuah party.
  • AGI Swordsman – mempunyai kemampuan untuk menjadi support, serangan yang sangat tinggi, dan juga cooldown yang begitu singkat.
  • Spear Knight – mempunyai kemampuan serangan atau damage yang sangat tinggi dan cooldown skill yang tergolong cukup lama. Umumnya, para player memilih ini sebagai kelas DPS dengan tujuan PVP.

2. Acolyte

Acolyte ragnarok x next generation

Class yang satu ini memiliki peran utama sebagai healer ataupun support. Kelas ini sangat baik dalam menangani monster tipe undead dan bayangan. Memiliki kemampuan atau skill Heal, Blessing, Kyrie Eleison, dan Holy Light. Kelas lanjutan dari Acolyte adalah Priest.

  • Exorcist – Mempunyai kemampuan dispell dan bisa memberikan sebuah debuff pada musuh.
  • Force – Kemampuan yang dapat melakukan regeneratif, memiliki tingkat defense yang baik, dan memiliki serangan jarak dekat yang mumpuni.
  • Praise – Dapat mengeluarkan beragam mantra debuff.

3. Mage

Mage ragnarok x next generation

Kelas yang satu ini sangat cocok bagi para player yang suka sekali dengan kemampuan sihir. Kelas ini mempunyai beragam jenis sihir yang bisa kamu gunakan untuk menaklukkan lawanmu. Peran utama dari kelas ini adalah damage magic dealer AOE dengan serangan jarak jauh.

Kemampuan yang dimiliki oleh kelas ini adalah Fire Bolt, FireWall, Frost Diver, dan juga Soul Strike. Kelas lanjutan dari Mage adalah Wizard.

  • Ice, lighting – damage combo yang tinggi dan crowd control.
  • Earth, fire – Damage yang dimiliki sangat tinggi namun lambat.
  • Fire, Ghost – Memiliki kemampuan untuk bertahan dan memiliki waktu casting yang cukup pendek.

4. Thief

Thief Ragnarok X Next Generation

Kelas ke-4 yang bisa kamu pilih adalah Thief. Kelas yang satu ini memiliki kemampuan serangan sangat cepat. Kelas yang satu ini umumnya menggunakan senjata yang dapat melumpuhkan musuh dan sangat mematikan.

Peran utama dari kelas ini adalah pembuat damage pada target tunggal dengan sangat tinggi. Untuk skill yang dimiliki adalah Venom Knife, Ambush, Hiding, dll. Kelas lanjutan dari Thief adalah Assassin.

  • Crit assassin – ini bergantung pada stat awal dan skill combo yang dimiliki mampu menciptakan damage yang sangat besar.
  • Stealth assassin – dapat mendekati target dalam sekejap dan memberikan sebuah serangan yang instan.
  • Poison assassin – memanfaatkan racun untuk memberikan sebuah damage dalam durasi yang terus menerus.

5. Archer

Archer Ragnarok X Next Generation

Kelas yang satu ini merupakan salah satu kelas yang cukup digemari karena serangan jarak jauhnya dan dapat memberikan sebuah damage yang luar biasa saktinya. Skill yang dimiliki oleh kelas ini adalah Arrow Shower, Arrow Repel, Ankle Snare, dll. Kelas lanjutan dari Archer adalah Hunter.

  • Trap – bisa memanfaatkan skill trap yang dapat memberikan sebuah keuntungan tersendiri dan dapat memancing musuh.
  • Ranged attack – mampu memberikan sebuah serangan yang stabil dan cooldown skill yang lumayan cepat.
  • Falcon – memiliki elang peliharaan dan skill yang luar biasa. Hawk damage dan instant boost damage dalam waktu bersamaan.

6. Merchant

Merchant Ragnarok X Next Generation

Untuk seorang Merchant, dunia seperti berputar di sekeliling Zennies. Selain hebat dalam pertempuran, ternyata Merchant juga memiliki kemampuan untuk urusan dagang. Skill yang dimiliki kelas ini adalah Midas Touch, Cart Revolution, Crazy Uproar, dll. Kelas lanjutan dari Merchant adalah Blacksmith.

  • Fleksibel – mempunyai kereta dorong yang dapat menangani damage, dan juga tingkat fleksibilitas yang baik di medan perang.
  • Berserker – mempunyai kemampuan untuk menangani sebuah serangan dalam jumlah besar namun ada biaya yang harus terbayar.
  • Berserker – mempunyai tingkat serangan yang sangat tinggi dengan fokus pada kemampuan pendukung.

Awal mula kelas dari game Ragnarok X: Next Generation adalah sebagai Novice. Kemudian, jika kamu telah memenuhi syarat yang ditentukan, maka kamu bisa naik kelas job pertama (Archer, Swordsman, mage, dll).

Jika kamu telah berhasil mencapai level job 50, maka kamu bisa naik kelas lagi menjadi Knight
Hunter, Assassin, Wizard, Priest, Blacksmith. Jika kamu telah berhasil mencapai kelas job ke-2 level 50, maka kamu juga dapat mengajukan kenaikan kelas kedua.

Novice > Kelas 1 (Job level 50) > Kelas 2 (Job level 50) > Kelas Transcended.

BACA JUGA: Top Up Ragnarok X

Penjelasan tentang sistem peralatan

Salah satu alasan terbesar kenapa game Ragnarok Online menjadi salah satu game paling populer dikalangan para gamer hingga saat ini adalah karena sistem yang sangat fleksibel kepada para player.

Dimana para player dapat membangun karakter-nya sesuai dengan keinginan. Ada begitu banyak macam build in game yang dapat kamu gunakan. Dan hal ini biasanya disebut sebagai “paths” di game lain.

Dalam game RO atau Ragnarok, hal ini merupakan sebuah syarat untuk jenis kelas job lain. Tetapi, sebagian besar, build ini hanya diperuntukkan untuk membuat para player menikmati permainan yang mana menjadi selera masing-masing atau gaya bermain mereka.

Sudah jelas sekali bahwa untuk mendapatkan build yang unik atau berbeda, kamu memang harus menggunakan berbagai macam jenis peralatan.

Umumnya, para player RO untuk bisa mendapatkan sebuah sumber daya, mereka lebih condong memanfaatkan sistem gacha ataupun membeli sebuah peralatan melalui pusat perdagangan.

Dalam sebuah sistem game MMORPG mobile, sebuah equip pasti mempunyai rank tersendiri dan umumnya dimulai dengan warna putih.

Cara menggunakan side quest, sistem auto-path, dan juga mode permainan.

Pembeda utama antara ROX dengan game mobile RO lainnya adalah alur cerita yang dikembangkan. Tak seperti literasi lain yang mana ROX mempunyai sebuah cerita yang mendalam didampingin dengan cutscene animasi 3D yang sangat menarik.

Hal ini juga dibumbui dengan beragam quest yang sangat menarik dengan pengetahuan atau bimbingan dalam permainan. Setelah itu ragamnya jenis karakter membuat setiap player merasa bebas dalam memilih.

Sistem auto-path

Sistem yang satu ini sangat membantu sekali kepada para player baru atau newbie karena kamu cukup tap quest dan karakter kamu akan secara otomatis bergerak sendiri. Sistem ini biasanya terletak pada bagian sisi kiri layar smartphone kamu.

Kegunaan Sistem Guild dan Party

Game jenis MMORPG sangat tidak afdol jika tak ada sistem party ya kan teman-teman? Dan Ragnarok X Next Generation telah menyediakan sistem party dan guild untuk menghibur dan memudahkan para player dalam menjalani dungeon raids dan boss instances.

Sistem guild merupakan salah satu fitur yang telah lama dikembangkan dengan proses penyempurnaan terbaik dari developer selama kurun waktu yang cukup lama. Bergabung dengan sebuah guild akan dapat membantu para player dan kamu juga bisa menerima fitur baru. Selain itu kamu akan memiliki sebuah jaringan koneksi yang lebih besar dengan para player lainnya.

Tapi bagi kamu yang lebih suka bermain solo, Ragnarok X juga membebaskan pilihan tersebut. Namun, tak ada salahnya jika kamu bisa bergabung dengan sebuah guild yang cocok untuk kamu.

BACA JUGA: Cara Leveling di Ragnarok X: Next Generation

Cara menggunakan Odin’s Blessing

Odin’s Blessing bisa dikatakan sebagai salah satu fitur yang sangat penting untuk setiap player ketika ingin leveling dengan cepat dan farming.

Dengan adanya fitur ini, kamu bisa mendapatkan EXP, job EXP, dan Zeny dengan jumlah yang lebih besar ketika kamu mengalahkan sebuah musuh sebanyak 5.

Mudah kata seperti ini, ketika kamu mengalahkan sebuah musuh dan mendapatkan 10 EXP, saat Odin’s Blessing aktif, kamu bisa mendapatkan 50 EXp sebagai gantinya. Dengan begitu, leveling karakter kamu akan jauh lebih cepat.

ROX Life dan Penggunaan Stamina

ROX Life

Ragnarok X: Next Generation tak menyediakan yang namanya sistem stamina dimana kamu bisa melakukan grinding dalam game tanpa batasan. Meski kamu sedang mode AFK, kamu masih bisa farm tanpa henti.

Dan sebaliknya, untuk stamina yang dimiliki karakter dialihkan ke RO Life yang bisa disebut sebagai “Life System”. Di sistem RO Life ini, kamu bisa menghabiskan stamina karakter kamu melalui aktivitas menambang, berkebun, memancing, kerajinan, dan juga memasak.

Berbagai macam aktivitas ini dapat memberikan kamu sebuah sumber daya atau material yang bisa berguna untuk menciptakan sebuah barang penting untuk membantu petualangan kamu. Jadi jangan sia-siakan stamina kamu, habiskan sebanyak mungkin agar kamu bisa mendapatkan material yang sangat beragam.

Sistem Trade dan Exchange

Perlu kamu ketahui bahwa perdagangan antar pemain-ke-pemain dalam game Ragnarok X itu tidak ada. Tapi kamu tak perlu khawatir karena kamu bisa memanfaatkan fitur Exchange Center yang mana kamu dapat melelang sumber daya atau item kamu disana.

Selain itu, kamu juga bisa membeli beberapa item yang dibutuhkan dari player lain dengan bantuan fitur Exchange Center ini dengan menggunakan mata uang Crystal.

Mata uang Crystal sendiri dapat kamu ubah menjadi Diamond. Dan diamond sendiri bisa kamu manfaatkan untuk membeli peralatan yang jauh lebih langkah dan sebagainya.

Sistem Carnaval dan Aktivitas Harian

kontes memancing ragnarok x

Adapun sistem carnaval untuk memeriahkan permainan dalam game Ragnarok ini. Ada banyak hal yang bisa kamu temukan dan lakukan dalam permainan dan juga kegiatan sehari-hari. Sudah jelas setiap kegiatan ini akan memberikan sebuah hadiah dan berikut beberapa batas harian dari carnaval dan aktivitas harian ini.

  • Mission Board – misi ini bisa kamu selesaikan dengan 10 kali play dalam sehari.
  • Tavern Mini-games – Berpartisipasi dalam sebuah game pendek dengan 3x play dalam sehari.
  • Dungeon Instance – kamu bisa bergabung dalam misi dungeon dengan batasan 3x play dalam sehari.
  • COC Mission – memilih sebuah hadiah berupa koin gacha, perlengkapan kepala, kartu, ataupun peralatan.
  • OX Quiz – Sebuah mini game untuk menjawab pertanyaan antara benar dan salah dengan memasuki area pilihan dan quiz ini dapat membantu seberapa jauh kamu memahami tentang ROX.
  • Fishing Contest – sebuah kontes memancing untuk pertarungan antara player vs player lain. Cobalah untuk mendapatkan ikan yang lebih besar dan langka agar kamu bisa menang.
  • Guild orders – Sebuah misi yang hanya dapat kamu klaim ketika kamu sudah masuk dalam sebuah guild. Misi ini berjumlah 8 yang bisa kamu selesaikan sehari sekali.

Glory Pass

Glory Pass adalah fitur di mana pemain bisa mendapatkan kostum edisi terbatas, tunggangan, border avatars, chat heads, dan banyak lagi barang lainnya. Sebagian besar item terbatas ini murni untuk tujuan fashion saja dan tidak akan memiliki efek stat penambah karakter game.

Bagaimana cara kerja Glory Pass?

Setiap bulan, Tim ROX akan merilis satu set item terbatas baru yang dapat diperoleh dengan membeli Glory Pass. Untuk mengetahui lebih banyak tentang isinya, kamu cukup menekan tombol Kingdom Pass yang terletak di menu utama kamu. Sama seperti Battle Pass lainnya, Glory Pass memiliki sejumlah ukuran hadiah yang terkait dengannya. Setiap kali kamu menaikkan level pass, kamu mendapatkan hadiah, dan seterusnya.

Ragnarok X Generation Ramah untuk Free Player

Game Ragnarok X: Next Generation bisa dikatakan sebagai salah satu game yang ramah bagi para player yang tidak mengedepankan real money atau biasa disebut free player.

Perlu kamu ketahui bahwa hampir keseluruhan item yang ada di game ini bisa kamu dapatkan melalui grinding, perencanaan yang pas, aktif setiap hari, dan menyelesiakan setiap quest harian.

Intinya, free player juga bisa menjadi salah satu top player di sini. Semua tergantung skill dari sang pengguna atau joki, bagaimana menempatkan setiap peluang yang ada.

Semoga informasi mengenai panduan Ragnarok X: Next Generation untuk Pemula dari Berjuang bisa bermanfaat untuk teman-teman semua.

Akun Roblox Gratis
Game

Berjuang.my.id berbagi akun Roblox gratis 2024 – Free Account Roblox Pro 2024 unlimitied Robux. Nantikan ya teman-teman.

Akun Steam Gratis
Game

Berbagi kumpulan akun Steam Gratis 2024 – Free Steam Premium Account = Game PUBG, CS-GO, dan GTA V. Masih aktif & hangat gan.

Minecraft Mod
Aplikasi

Minecraft Mod Apk Combo Download Terbaru 2023 Gratis + PE Pocket Edition Untuk Unlock Semua Skin Premium Dalam Permainan.

Link Sedekah CF Higgs Domino
Game

Link Sedekah CF Com Higgs Domino Apakah Bisa Dapat Chip Gratis dan Big Win? Simak Review Selengkapnya Disini.

RF Private Server
Game

Inilah 7 RF Private Server terbaik dan teraktif di tahun 2023. Memiliki rate dan mode yang berbeda-beda, mulai dari Semi RPG, hingga …

Game Multiplayer Android
Game

Butuh bahan untuk menghabiskan waktu bersama selama masa pandemi? Yuk download dan mainkan game online multiplayer Android terbaik saat ini.