GadgetTeknologi

Waspada! 10 HP dengan Radiasi Tertinggi, Perhatikan Kesehatan Anda

×

Waspada! 10 HP dengan Radiasi Tertinggi, Perhatikan Kesehatan Anda

Share this article
HP dengan Radiasi Tertinggi

Berjuang.my.id – Di era digital ini, smartphone telah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan manusia. Berbagai aktivitas, mulai dari komunikasi, hiburan, hingga pekerjaan, kini berpusat pada perangkat pintar ini. Namun, di balik kemudahan dan manfaatnya, terdapat bahaya tersembunyi yang perlu diwaspadai, yaitu paparan radiasi elektromagnetik.

Paparan radiasi elektromagnetik yang berlebihan dari smartphone dapat menimbulkan berbagai efek negatif bagi kesehatan, seperti sakit kepala, kelelahan, insomnia, hingga potensi kanker dalam jangka panjang. Oleh karena itu, penting bagi pengguna smartphone untuk mengetahui tingkat radiasi pada perangkat mereka.

Daftar 10 HP dengan Radiasi Tertinggi

Berdasarkan data dari berbagai sumber, berikut adalah daftar 10 HP dengan tingkat radiasi tertinggi:

1. Motorola Edge (1.79 W/kg)

Motorola Edge menduduki puncak daftar dengan tingkat radiasi Specific Absorption Rate (SAR) tertinggi, yaitu 1.79 W/kg. Smartphone ini dirilis pada tahun 2020 dan menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon 765G. Sebagai perbandingan, tingkat SAR rata-rata untuk smartphone adalah 1.6 W/kg.

2. ZTE Axon 11 5G (1.59 W/kg)

ZTE Axon 11 5G, dirilis pada tahun 2020, menempati posisi kedua dengan tingkat radiasi SAR 1.59 W/kg. Smartphone ini menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon 765G dan mendukung jaringan 5G.

3. OnePlus 6T (1.55 W/kg)

OnePlus 6T, dirilis pada tahun 2018, memiliki tingkat radiasi SAR 1.55 W/kg. Smartphone ini menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon 845 dan menjadi salah satu flagship populer di masanya.

4. Sony Xperia XA2 Plus (1.41 W/kg)

Sony Xperia XA2 Plus, dirilis pada tahun 2018, memiliki tingkat radiasi SAR 1.41 W/kg. Smartphone ini menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon 630 dan dikenal dengan kameranya yang berkualitas.

5. Google Pixel 3XL (1.39 W/kg)

Google Pixel 3XL, dirilis pada tahun 2018, memiliki tingkat radiasi SAR 1.39 W/kg. Smartphone ini menggunakan chipset Google Pixel 2 XL dan menjadi salah satu smartphone flagship terbaik di masanya.

6. Google Pixel 4a (1.37 W/kg)

Google Pixel 4a, dirilis pada tahun 2020, memiliki tingkat radiasi SAR 1.37 W/kg. Smartphone ini menggunakan chipset Google Pixel 4a dan menjadi pilihan populer bagi pengguna yang menginginkan smartphone Google dengan harga terjangkau.

7. Oppo Reno5 5G (1.37 W/kg)

Oppo Reno5 5G, dirilis pada tahun 2021, memiliki tingkat radiasi SAR 1.37 W/kg. Smartphone ini menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon 765G dan mendukung jaringan 5G.

8. Sony Xperia XZ1 Compact (1.36 W/kg)

Sony Xperia XZ1 Compact, dirilis pada tahun 2017, memiliki tingkat radiasi SAR 1.36 W/kg. Smartphone ini menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon 820 dan dikenal dengan desainnya yang ringkas dan tahan air.

9. Google Pixel 3 (1.33 W/kg)

Google Pixel 3, dirilis pada tahun 2018, memiliki tingkat radiasi SAR 1.33 W/kg. Smartphone ini menggunakan chipset Google Pixel 3 dan menjadi salah satu smartphone flagship terbaik di masanya.

10. OnePlus 6 (1.33 W/kg)

OnePlus 6, dirilis pada tahun 2018, memiliki tingkat radiasi SAR 1.33 W/kg. Smartphone ini menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon 845 dan menjadi salah satu flagship populer di masanya.

Perlu diingat bahwa daftar ini hanya menunjukkan 10 HP dengan radiasi tertinggi berdasarkan data yang tersedia. Masih banyak model lain yang mungkin memiliki tingkat radiasi tinggi.

Faktor Lain yang Perlu Dipertimbangkan

Tingkat radiasi SAR tidak selalu menunjukkan risiko kesehatan secara langsung. Faktor lain seperti durasi penggunaan dan pola pemakaian juga perlu dipertimbangkan.

Pengguna yang sering menggunakan smartphone dalam waktu lama, terutama untuk bermain game atau menonton video, berisiko lebih tinggi terkena paparan radiasi yang berlebihan.

Selain itu, penggunaan smartphone di area dengan sinyal lemah juga dapat meningkatkan tingkat radiasi karena perangkat harus bekerja lebih keras.

Mencegah Paparan Radiasi HP yang Berlebihan

Meskipun beberapa HP dalam daftar sebelumnya memiliki tingkat radiasi yang lebih tinggi dari rata-rata, perlu dicatat bahwa tingkat tersebut masih berada di bawah batas aman yang ditetapkan oleh Komisi Komunikasi Federal Amerika Serikat (FCC), yaitu 1.6 W/kg.

Namun, langkah pencegahan tetap diperlukan untuk meminimalisir paparan radiasi dan menjaga kesehatan. Berikut beberapa tips yang dapat dilakukan:

  • Batasi penggunaan smartphone: Hindari penggunaan smartphone secara berlebihan, terutama untuk aktivitas yang tidak membutuhkannya.
  • Gunakan headset atau speakerphone: Saat melakukan panggilan telepon, gunakan headset atau speakerphone untuk mengurangi kontak langsung HP dengan telinga.
  • Jauhkan HP dari tubuh saat sedang tidak digunakan: Jangan biasakan menyimpan HP di kantong baju atau celana. Sebaiknya simpan di tas atau tempat lain yang jauh dari tubuh.
  • Gunakan mode pesawat di tempat dengan sinyal lemah: Ketika berada di area dengan sinyal lemah, aktifkan mode pesawat untuk mengurangi emisi radiasi.
  • Pilih HP dengan tingkat SAR rendah: Saat membeli HP baru, pertimbangkan untuk memilih HP dengan tingkat SAR yang lebih rendah.

Regulasi dan Standarisasi

Kesehatan dan keselamatan pengguna merupakan hal yang penting. Oleh karena itu, diperlukan regulasi dan standarisasi yang ketat untuk memastikan tingkat radiasi yang dipancarkan oleh HP berada dalam batas aman.

Beberapa lembaga internasional, seperti Komisi Internasional tentang Perlindungan Radiasi Non-Ionisasi (ICNIRP) dan Institute of Electrical and Electronics Engineers (IEEE), telah menetapkan standar untuk paparan radiasi elektromagnetik.

Badan Nasional Sertifikasi (BN Sertifikasi) di Indonesia juga memiliki tanggung jawab untuk memastikan perangkat telekomunikasi, termasuk HP, memenuhi persyaratan keselamatan radiasi elektromagnetik sebelum beredar di pasaran.

Penelitian dan Pengembangan

Penelitian dan pengembangan di bidang teknologi HP terus dilakukan untuk menghasilkan perangkat yang semakin canggih dan efisien.

Para produsen HP dituntut untuk dapat menciptakan HP dengan kemampuan yang optimal namun tetap memperhatikan aspek kesehatan pengguna.

Beberapa teknologi yang sedang dikembangkan antara lain bahan penyerap radiasi yang lebih efektif dan antena yang dapat memancarkan radiasi secara lebih terarah.

Kesimpulan

Paparan radiasi elektromagnetik dari HP merupakan hal yang perlu diwaspadai. Meskipun tingkat radiasi pada HP saat ini masih berada dalam batas aman, tetap penting untuk melakukan langkah pencegahan guna menjaga kesehatan dalam jangka panjang.

Pengguna diharapkan untuk bijak dalam menggunakan HP dan memilih perangkat yang memenuhi standar keamanan radiasi.

Selain itu, penelitian dan pengembangan di bidang teknologi HP perlu terus didorong untuk menghasilkan perangkat yang semakin canggih dan aman bagi kesehatan.

Cara Mereset HP Samsung J2 Prime
Gadget

Memiliki masalah dengan Samsung Galaxy J2 Prime dan ingin tahu tentang cara hard reset? Silahkan simak Cara Mereset HP Samsung J2 Prime.

Cara Charge HP yang Benar
Gadget

Penting bagi kamu untuk mengetahui tentang Cara Charge HP yang Benar agar baterai smartphone tetap awet dan tak mengalami kerusakan.

Aplikasi Test Hardware Android
Gadget

Ingin tahu secara gamblang mengenai hardware dari perangkat Android kamu? Silahkan coba 3 aplikasi Test Hardware Android ini.

cara update google play service
Aplikasi

Masih banyak orang yang tak tahu tentang pentingnya update, memperbarui Google Play Service ke versi terbaru pada Android. Padahal …

Cara Cek HP Samsung
Gadget

Untuk menghindari penipuan. Kamu wajib tahu tentang ✅ cara cek HP Samsung palsu atau asli di sini, terutama metode ke-3 dan ke-4.