Berjuang.my.id – Kamu pasti sudah tahu, Microsoft Office Excel adalah program wajib dari Microsoft yang super penting untuk banyak hal. Fungsinya paling dasar adalah untuk mengelola angka dalam bentuk kolom dan baris.
Sekarang, Microsoft Office Excel banyak digunakan dalam dunia kerja dan urusan-urusan kantor seperti mengelola data dalam tabel. Berikut beberapa fungsi dari Microsoft Office Excel yang harus kamu tahu:
1. Membuat Diagram dan Grafik
Bikin diagram atau grafik di Microsoft Office Excel membutuhkan tahapan-tahapan tertentu. Pertama-tama, data harus dimasukkan dan disusun dengan rapi. Kemudian, diagram atau grafik bisa dikembangkan sesuai dengan data yang sudah dimasukkan dan didesain sesuai kebutuhanmu.
Untungnya, Microsoft Office Excel memiliki fitur bernama Chart Wizard yang mempermudah kamu membuat diagram, grafik, atau bagan dengan mudah dan cepat. Kamu tinggal insert chart, lalu atur diagram atau grafik sesuai keinginanmu.
2. Membantu Laporan Berupa Keuangan
Fungsi Microsoft Office Excel untuk mencatat dan membuat laporan keuangan sangat penting. Fitur-fiturnya memudahkan kamu dalam membuat laporan keuangan baik itu dengan skala kecil maupun besar.
Tapi, pastikan data-data keuangan diolah dan dimasukkan dengan cermat dan akurat. Karena kesalahan dalam memasukkan data bisa menyebabkan konsekuensi yang fatal pada laporan keuanganmu.
3. Mengkonversi Mata Uang dengan Tepat
Nah, kamu pasti pernah merasa ribet dan pusing kalau harus mengubah nilai mata uang secara manual kan? Tenang aja, di Microsoft Office Excel ada fitur konversi otomatis yang bisa mempermudahmu.
Caranya cuma perlu memasukkan data dan memakai rumus atau formula yang tersedia, tinggal dalam sekejap sudah bisa mengkonversikan nilai mata uang yang kamu inginkan. Ini sangat membantu bagi mereka yang sering menggunakan mata uang asing dalam keuangan.
4. Membantu Mengolah Data Statistik
Pengguna juga dapat membuat tabel perbandingan antar data yang akan dianalisis, serta menentukan jenis diagram yang sesuai dengan data tersebut.
Microsoft Office Excel menyediakan berbagai pilihan jenis diagram dan grafik untuk mempermudah visualisasi data statistik. Dengan fitur ini, analisis data statistik akan lebih mudah, cepat, dan tepat sasaran.
5. Mengakses Spreadsheet
Kemampuan Microsoft Office Excel dalam hal fitur Spreadsheet membuat kerjasama antar pengguna lebih efisien dan mudah. Dengan bisa mengakses lembaran kerja bersama-sama, maka tugas bisa dikerjakan dengan lebih cepat dan akurat.
Fitur ini sangat membantu bagi para pengguna yang bekerja dalam tim dan memiliki tugas yang saling terkait. Mereka bisa mengerjakan pekerjaan sambil berkoordinasi dengan rekan kerja tanpa harus berpindah tempat.
Pengguna juga bisa mengekspor dan mengimpor data dengan mudah melalui fitur Spreadsheet. Ini membuat pekerjaan seperti menyiapkan laporan atau riset menjadi lebih praktis dan tidak memakan waktu yang lama.
Dengan fitur Spreadsheet yang tersedia di Microsoft Office Excel, tugas yang harus dikerjakan bersama-sama bisa dilakukan dengan mudah dan efisien. Pengguna tidak perlu khawatir dengan tampilan dan presentasi dokumen yang tidak baik, karena Microsoft Office Excel sudah menyediakan berbagai pilihan format yang baik dan rapi.
Penulis : Bram Khalid | Editor : Frandy Pujianto
Artikel Rekomendasi: