Gadget

Cara Mengatasi RAM Android Overload

×

Cara Mengatasi RAM Android Overload

Share this article
Cara Mengatasi RAM Android Overload

Zaman semakin maju dan perangkat HP kekinian juga semakin diperbarui dan era saat ini adalah era dimana ponsel pintar Android yang memang banyak sekali penggunanya. Tentu kita akan menemui beragam teman dekat, sahabat, saudara ataupun kenalan kita yang menggunakan ponsel pintar Android.

HP Android memberikan beragam kemudahan yang bisa kita pergunakan sehari-hari layaknya SMS, telpon seperti kebanyakan HP lainnya.

Akan tetapi, perlu di garis bawahi tidak hanya hal tersebut, nyatanya  Android juga mampu melakukan aktifitas yang tidak dapat dilakukan seperti HP pendahulunya seperti beragam fitur GPS, internet dan lain sebagainya,

Karena keberagaman fungsi serta fitur yang begitu menunjang, membuat smartphone Android menjadi salah satu bagian penting dalam kehidupan sehari-hari atau kita sudah bisa menyebutnya sebagai bahan utama untuk hidup di era modernisasi ini.

Kita mengenal banyak sekali ragam tipe ponsel Android yang di keluarkan oleh perusahaan ternama, akan tetapi jangan pernah lupa pioner dari Android adalah perusahaan besar bernama “SAMSUNG”.

Tentu ragam harga menghiasi beragam ponsel android dan tergantung dari varian tersebut memiliki speifikasi yang berbeda sesuai harga yang di bandrol.

Jika kamu penyuka game tentu harus menyesuaikan spesifikasi Android kamu dengan game-game yang memang harus memiliki internal storage besar serta RAM yang mumpuni, dan disarankan untuk memilih spesifikasi yang tinggi dan sesuai dengan kebutuhan gaming kamu.

Android bisa disebut merupakan replika kecil dari computer yang mana memiliki RAM, serta processor dan juga tidak luput storage (hard disk).

Nah, disini kita juga harus memperhatikan apa itu RAM. RAM merupakan kepanjangan daripada Random Access Memory, yang mana merupakan poin vital terlepas dari HDD dan juga processor.

Penting bagi kita untuk mengetahui processor, RAM serta HDD yang mana hal tersebut jelas sangat berperan penting dalam performa Android kita.

Jika kamu mengelola aplikasi dengan baik maka itu akan berpengaruh besar terhadap kinerja Android kamu, sehingga android kamu tidak terlalu panas dan baterai akan jauh lebih hemat.

Nah, dikesempatan kali ini Berjuang.my.id akan memberikan beberapa tips dan juga trik yang mana bisa kamu pergunakan untuk mengatasi RAM yang overload pada Android kamu. yang Berjuang maksudkan adalah penggunaan RAM yang berlebih yang mana akan berefek pada performa Android kamu.

Baca juga: Cara Cek HP Samsung

Cara Mengatasi RAM Android yang Selalu Over

  1. Poin pertama yang perlu kamu perhatikan adalah aplikasi mana saja yang memakan RAM atau memori secara berlebih. Dan umumnya, aplikasi seperti itu telah ter-login dan berjalan meskipun kamu telah menutup aplikasi tersebut, berikut beberapa contoh aplikasi yang cukup memakan RAM: Facebook, Whatsapp, Instagram, dll.
  2. Pergunakan aplikasi yang memang kamu bisa manfaatkan dan buang aplikasi yang tidak bisa kamu manfaatkan atau bisa dibilang aplikasi yang tak bermanfaat yang hanya akan memakan ruang RAM sehingga terjadi overload.
  3. Jika kamu merasa bahwa kinerja dari smartphone Android kamu cukup lemot atau kepenuhan memory (overload). Kamu tidak harus menghapus aplikasi, tetapi kamu juga bisa mengfungsikan “Force Stop” atau bahasa Indonesianya dikenal dengan pemberhentian secara paksa. Pada aplikasi yang kamu nilai memakan banyak RAM
  4. kamu dapat mengakses “Force Stop” dengan cara melalui Pengaturan > Aplikasi > Tap (sentuh) Aplikasi > “Force Stop” untuk menghentikan aplikasi yang berjalan.
  5. Dan kamu juga bisa melakukan pemberhentian aplikasi melalui Running service pada menu “Running”.
  6. Jangan lupa untuk menggunakan Background data secukupnya. Pengertian background data ialah beragam aplikasi yang berjalan tapi tidak terlihat prosesnya di layar akan tetapi berjalan dalam prosesnya di belakang layar
  7. Untuk menghemat penggunaan RAM, Berjuang sangat menganjurkan untuk kamu tidak menggunakan Live Wallpaper yang mana tentu akan memberatkan kinerja Android. Dan apabila kamu telah melakukan saran kami untuk menghemat penggunaan RAM, kamu juga akan menerima manfaat lain seperti penghematan pada baterai.
  8. Aplikasi yang mana katanya menghemat baterai ternyata itu juga berjalan dalam proses di belakang layar. Dimana juga akan memakan RAM dalam pengaplikasiannya, lebih baik juga di nonaktifkan.
  9. Dan lakukan Log out pada aplikasi yang biasa hidup atau terus berjalan seperti social media facebook, Twitter dll. Karena aplikasi-aplikasi tersebut akan selalu memberikan notifikasi yang terus aktif sehingga penggunaan RAM menjadi berlebih.
  10. Ingat untuk selalu menggunakan aplikasi sesuai kebutuhan dan selalu menonaktifkan aplikasi yang sekiranya memberatkan agar bisa mempergunakan RAM secara optimal dan tidak overload.
  11. Saran terakhir yaitu ganti device (perangkat) kamu lebih tinggi lagi untuk perangkat dasarnya, tentu hal ini sangat disarankan buat kamu yang memiliki budget berlebih.
Baca juga: Cara Reset HP Samsung

Itulah beragam tips yang bisa kami suguhkan. Semoga bisa menjadi acuan untuk kedepannya, sehingga kamu bisa mendapatkan hasil optimal dan tidak menyebabkan Android kamu overload pada RAM dan selalu bisa di pakai secara Optimal.

Cara Download Lagu di iPhone
Gadget

Ingin menikmati musik dari iPhone? Yuk simak cara download lagu di iPhone dengan bantuan Spotify, Joox, dan Apple Music secara gratis.

Cara Download Video di iPhone
Gadget

Video menjadi salah satu layanan menarik untuk ditonton. Oleh karena itu, simak yuk cara download video di iPhone dengan aplikasi ini.