Kiki Widya Anak perempuan yang gemar sekali main game dan ngulik tentang teknologi terutama komputer, internet, dan juga android. ♥

Cara Mengatasi HP Restart Sendiri

2 min read

Cara Mengatasi HP Restart Sendiri

Cara Mengatasi HP Restart Sendiri – Para pengguna smartphone Android yang ada di seluruh dunia semakin hari semakin meningkat, termasuk di Indonesia.

Dengan hadirnya fitur canggih dan juga harga yang sangat terjangkau, membuat pasaran smartphone semakin diminati oleh setiap kalangan, baik dari kalangan bawah, menengah, bahkan hingga kalangan atas.

Pasalnya, dengan hadirnya semartphone yang baru dan belum mengerti tentang perangkat operating system akan membuat para pengguna baru kesulitan untuk mengatasi masalah yang terjadi pada smartphone, contohnya seperti HP Android restart sendiri tanpa tahu sebabnya.

Namun, kamu tak perlu khawatir karena Berjuang.my.id akan berbagi tentang bagaimana cara mengatasi HP restart sendiri untuk membantu kamu dalam mengatasi masalah ini.

Cara Mengatasi HP Restart Sendiri

HP Andorid yang sering mengalami restart biasanya disebabkan oleh beberapa faktor, contohnya seperti cache yang telah lama menumpuk, overheat, mengalami RAM yang penuh, aplikasi berjalan yang sangat berat, atau disebabkan oleh adanya virus.

Untuk mengatasi masalah ini, kamu bisa mengikuti beberapa cara mengatasi HP restart sendiri di bawah ini.

Periksa Pengaturan Handphone Android

Apakah kamu baru-baru ini melakukan perubahan pada menu setting HP kamu? Apabila iya, maka kamu harus merubah settingan tersebut seperti semula.

Perubahan pada menu Setting dapat menjadi salah satu penyebab dari sistem Android melakukan restart sendiri secara terus menerus. Jadi kamu harus berhati-hati untuk melakukan sebuah perubahan pada menu setting tersebut.

Install Antivirus Pada Smartphone Kamu

Virus merupakan salah satu musuh terbesar dari sebuah sistem operasi pada perangkat elektronik digital. Sistem yang dimiliki memiliki sebuah celah yang memang sangat rentan untuk dimasuki oleh virus melalui browsing, instalasi aplikasi, ataupun transfer file yang tak jelas.

Rekomendasi tentang antivirus terbaik dari Berjuang untuk perangkat Android adalah CM Security AppLock Antivirus yang mana dapat memindai seluruh sistem dan file pada ponsel kamu, termasuk memori eksternal atau yang biasa dikenal sebagai Micro SD.

Bersihkan Sampah Cache handphone android

Pada dasarnya, pembersihan sampah cache memang harus kita lakukan untuk menunjang performa dari ponsel kita. Dan hal ini dapat meminimalisasi masalah yang terjadi pada perangkat ponsel kamu, termasuk masalah restart secara sendiri pada ponselmu.

Kamu dapat memanfaatkan aplikasi cache Cleaner terbaik untuk Android, yang bertujuan untuk membersihkan cache pada perangkat smartphone.

Apabila metode di atas masih belum dapat membantu kamu dalam memperbaiki ponsel Android yang restart sendiri, maka hal terakhir yang dapat kamu lakukan adalah melakukan reset pabrik pada perangkat ponsel kamu, ini merupakan cara ayang paling ampuh untuk kamu gunakan dalam mengatasi setiap masalah pada sistem HP Android kamu.

Dengan kamu menggunakan factory reset, maka HP kamu akan membuat perubahan seperti baru pertama beli alias settingan pabrik.

Sebelum menggunakan metode ini, ada baiknya jika kamu melepas memori eksternal dan melakukan backup data yang mungkin data tersebut adalah data penting sebelum di reset.

Solusi Terbaik Mengatasi Handphone Android Yang Restart Sendiri dengan Factory Reset

Metode terakhir yang bisa kamu gunakan untuk mengatasi masalah restart sendiri pada perangkat ponsel kamu adalah dengan mengembalikan pengaturan ke default pabrik atau yang biasa dikenal dengan factory reset.

Apabila kamu masih dapat melakukan akses pada perangkat ponsel kamu, coba lakukan backup data yang memang menurut kamu itu penting, karena setelah proses reset, data akan menghilang semua.

Untuk teman-teman yang belum tahu tentang bagaimana masuk ke mode Android Recovery, agar bisa melakukannya, kamu dapat mengikuti langkah-langkah di bawah ini:

  1. Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah memastikan bahwa baterai lebih dari 70% untuk
  2. menghindari hal tak diinginkan.
  3. Setelah itu matikan ponsel kamu.
  4. Tekan dan juga tahan Volume atas (UP) + HOME + Power secara bersamaan dalam beberapa waktu.
  5. Gunakan Volume UP untuk memilih menu “Factory reset atau wipe data”.
  6. Jika sudah, kamu bisa menekan tombol HOME untuk memulai proses reset.
  7. Tunggu dengan sabar selama beberapa waktu hingga proses selesai ya.
  8. Setelah itu kamu bisa memilih menu Reboot System Now lagi.
Baca Juga Informasi Samsung Lainnya
Cara Screenshot Samsung A50Cara Screenshot Samsung J2
Cara Reset HP Samsung

Dengan cara reset pabrik ini, kamu dapat mengatasi masalah yang ada pada perangkat ponsel kamu, salah satunya adalah sering terjadinya restart secara otomatis. Semoga informasi tentang cara mengatasi HP restart sendiri dari berjuang dapat bermanfaat.

Kiki Widya Anak perempuan yang gemar sekali main game dan ngulik tentang teknologi terutama komputer, internet, dan juga android. ♥

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *